Dark/Light Mode

Bicara Krisis

Fahri Hamzah : UMKM Akan Jadi Penyelamat Ekonomi

Sabtu, 8 Agustus 2020 13:34 WIB
Wakil Ketua Umum Partai Gelora Indonesia Fahri Hamzah
Wakil Ketua Umum Partai Gelora Indonesia Fahri Hamzah

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia, Fahri Hamzah memandang wabah corona (Covid-19) saat ini, menyebabkan perdagangan internasional (global trade) merosot drastis.

Sebaliknya, tanpa diduga perdagangan domestik oleh usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan koperasi akan membuat ekonomi naik dan bergairah.

Dia yakin UMKM menjadi penolong kondisi ekonomi di Indonesia. "Nah itu bagiannya. Gilirannya Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Indonesia yang akan menjadi penyelamat di massa pandemi Covid-19 ini," kata Fahri Hamzah melalui keterangan tertulisnya.

Wakil Ketua DPR periode 2014-2019 ini melihat ada celah peluang untuk bangsa ini, apabila mau keluar dari krisis berlarut, seperti adanya pergeseran industri besar ke manufaktur dasar.

Baca juga : Fahri Hamzah Minta Mas Nadiem Bikin Inovasi

Hal ini tentu saja akan memberi kesempatan untuk mengatur peran yang lebih besar bagi Koperasi dan UMKM di Indonesia.

Apalagi UMKM sebagai Soko Guru Perekonomian, sebagaimana cita-cita Wakil Presiden Indonesia pertama Muhammad Hatta.

Bahkan, lanjut Fahri, Covid-19 ini juga akan menggeser pusat pertumbuhan dan pelaku pertumbuhan, dari kota ke desa, dari barat ke timur, dari konglomerat ke UMKM, juga dari keuangan ke sektor riil.

Begitu pula dengan transaksi digital tetap akan meningkat, tetapi terkait domestik dan produk sektor riil.

Baca juga : Basuki Ingin Sektor Petani Sulsel Jadi Penggerak Ekonomi

"Ini semua bukan teori, tapi peluang. Nah, karena itu bisa menjadikannya kenyataan. Bukan orang mengkhayal. Praktisi leadership berpengaruh besar dalam mengubah peluang menjadi kenyataan," jelas Fahri.

Terakhir, Fahri menyebut ada satu lagi pergeseran penting yang akan menjadi 'game changer/pengubah permainan' persaingan ekonomi ke depan, yaitu pergeseran dari ekonomi darat menuju laut.

"Kita bangsa maritim dan kita akan bisa memenangkan perang jika medan bergeser ke lautan!" pungkasnya.

Seluruh elemen bangsa perlu mendorong peran Koperasi dan UKM Indonesia dalam situasi ini.

Baca juga : Fahri Hamzah Ajak Publik Biarkan Kementan Fokus Pada Risetnya

Maka dari itu, mantan Wakil Ketua DPR RI yang sempat dijuluki 'Singa Senayan' itu mengajak semua pihak tidak menyerah, dan jangan kehilangan ide. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.