Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sambangi Sumbar, Menko Polhukam Gelar Konsultasi Publik

Jumat, 18 September 2020 01:30 WIB
Menko Polhukam, Mahfud  hadiri peluncuran Program Konsultasi Publik dalam Rangka Memperkukuh Ikatan Persatuan Bangsa di rumah dinas Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno Kamis (16/9).
Menko Polhukam, Mahfud hadiri peluncuran Program Konsultasi Publik dalam Rangka Memperkukuh Ikatan Persatuan Bangsa di rumah dinas Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno Kamis (16/9).

RM.id  Rakyat Merdeka - Di tengah polemik Pancasialis, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD melakukan kunjungan ke Sumatera Barat (Sumbar). 

Mahfud bersama rombongan datang untuk menghadiri peluncuran program konsultasi publik di Sumbar. 

Program ini diperlukan dalam rangka memetakan sekaligus mengidentifkasi permasalahan terkait dengan persatuan dan kebangsaan. 

Baca juga : Mensos: Mohon Kami Dikawal Ya!

Demikian disampaikan Mahfud dalam acara peluncuran Program Konsultasi Publik dalam Rangka Memperkukuh Ikatan Persatuan Bangsa yang digelar di rumah dinas Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno Kamis (16/9). 

“Melalui kosultasi publik ini Kita ingin memperkukuh ikatan kebangsaan dan persatuan bangsa,” ujar Mahfud.

Deputi VI Bidang Koordinasi Kesatuan Bangsa Kemenko Polhukam, Janedjri M Gaffar menyampaikan pentingnya menjaga kesatuan bangsa dengan kebijakan dan program yang mampu mengantisipasi sekaligus menyelesaikan berbagai bentuk kerawanan dan ancaman. Namun demikian evaluasi perlu tetap dilakukan. 

Baca juga : Mendirikan Parpol Baru Bukan Perkara Mudah

“Sesuai dengan sifat dinamis dari masyarakat serta interaksi internal dan eksternal, maka setiap kebijakan dan program kegiatan tentu perlu dievaluasi agar menjadi semakin baik demi semakin kokohnya kesatuan bangsa,“ ujar Gaffar. 

Kegiatan konsutasi publik rencananya akan dilaksanakan di 10 daerah provinsi. Terdapat 12 isu strategis yang menjadi substansi, di antaranya adalah Internalisasi Nilai-nilai Pancasila dan Hak Konstitusional Warga Negara, Etika Kehidupan Berbangsa, Pemantapan Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa, Pembauran Kebangsaan, Moderasi Beragama, Kewaspadaan Nasional, Sinergitas TNI/POLRI dengan Masyarakat, Kesadaran Bela Negara, Gerakan Anti Kampanye Hitam, Politik Identitas, Nasionalisme Sempit, Pragmatisme, Politisasi SARA, dan Politik Uang dalam Pilkada; Gerakan Netralitas ASN dan TNI/POLRI dalam Pilkada; Partisipasi Pemilih dalam Pilkada, dan Isu Aktual lainnya.

Kedepannya, hasil dari Program Konsultasi akan dijadikan rekomendasi yang akan disampaikan kepada Kementerian dan Lembaga mitra kerja Kedeputian VI Kesatuan Bangsa Kemenko Polhukam. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.