Dark/Light Mode

Kalau Sayang Keluarga, Please Jangan Berkerumun

Senin, 12 Oktober 2020 17:58 WIB
Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Doni Monardo (Foto: Istimewa)
Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Doni Monardo (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo meminta seluruh masyarakat, untuk menghindari kerumunan setiap kali berada  di luar rumah. Serta selalu menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin.

Jangan sampai, aktivitas kita di luar rumah malah menyebarkan virus Covid-19.

Baca juga : Soal Demo UU Ciptaker, Wamenag: Jangan Pakai Kekerasan

Apalagi faktanya, 7 persen dari pasien Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran  Jakarta adalah orang-orang yang kesehariannya tidak beraktivitas di luar rumah. Bahkan, sangat mematuhi protokol kesehatan dengan ketat.

"Artinya apa? Sudah pasti ada anggota keluarga yang keluar rumah. Berada di kerumunan, rentan terhadap penularan. Lalu, membawa virus ke rumah. Menulari anggota keluarganya yang lain," kata Doni yang juga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Baca juga : Raline Shah, Pacar Bagaikan Peliharaan

"Dampaknya sangat fatal. Bisa menularkan virus kepada keluarga di rumah," imbuhnya.

Doni juga mengingatkan, 80-85 persen angka kematian Covid-19 di Indonesia terjadi pada kelompok rentan yaitu lansia, anak-anak, dan orang dengan penyakit bawaan atau komorbid.

Baca juga : Jualan Kandang Burung Merpati

"Mereka yang terpapar usia muda mungkin tidak apa-apa. Tapi ingat, setiap kita punya orangtua, orang yang kita sayangi. Hampir pasti di keluarga kita ada anggota keluarga yang termasuk dalam kelompok rentan, yaitu lansia di atas 60 tahun , pemilik penyakit penyerta seperti hipertensi, penyakit jantung, diabetes, paru dan penyakit kronis lainnya yang ketika terpapar akan sangat berbahaya," jelas Doni.

Demi memutus mata rantai penularan Covid, Doni mengimbau masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19 dengan ketat. Yaitu dengan menerapkan prinsip 3M: memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan dengan sabun. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.