Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dukungan Keluarga Sangat Penting

Informasi Positif Menumbuhkan Imunitas Pasien Lawan Corona

Selasa, 13 Oktober 2020 06:05 WIB
Ilustrasi (Istimewa)
Ilustrasi (Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasien positif Virus Corona (Covid-19) perlu mendapatkan informasi yang positif. Hal itu bisa menumbuhkan imunitas pasien untuk lekas sembuh.

Menurut psikolog Muhammad Chalid, banyak sekali pasien yang imunitas dan mentalnya turun setelah mengetahui dirinya positif Covid-19. Seharusnya, para pasien Corona diberi penguatan dengan menceritakan hal-hal positif.

Keluarga, kata dia, punya peran penting bagi pasien positif Covid-19 bergejala ringan dan tanpa gejala (Orang Tanpa Gejala/OTG) untuk dapat sembuh.

“Dukungan berupa doa atau informasi positif kepada pasien OTG dapat meningkatkan imunitasnya,” ujar Chalid seperti dilansir situs covid19.go.id, Minggu (11/10).

Baca juga : Dukungan Keluarga Mampu Tingkatkan Imun Pasien Corona

Sekretaris Tim Mitigasi Dokter Dalam Pandemi Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) dr Ekasakti Ochtohariyanto mengatakan, imunitas tubuh sudah ada di dalam tubuh kita.

Untuk menjaga imunitas tubuh bisa dengan mengkonsumsi makanan sehat, olahraga tiga kali dalam seminggu minimal 30 menit per hari dan berpikiran positif.

“Juga mengurangi konsumsi gula dan protein,” kata Ekasakti.

Dia mengingatkan, masa pandemi Covid19 masih panjang dan belum bisa diprediksi kapan berakhir. Karena itu, Ekasakti mengajak masyarakat memaksimalkan kondisi tubuh, dan menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga : Hotel Isolasi Dipadati Ratusan Pasien Corona

“Untuk pasien dengan pengorbit, yang memiliki penyakit penyerta harus ekstra hati-hati. Perlu olahraga yang teratur dengan intensitas ringan,” sarannya.

Netizen setuju informasi positif dan dukungan keluarga bisa meningkatkan imun guna menyembuhkan dan mencegah diri tertular Covid-19.

“Energi yang didapat masyarakat positif, imunitas masyarakat akan tinggi,” ungkap EsAnto9.

Paltiwest mengakui, di tengah pandemi Corona harus ada informasi positif yang mesti kita ketahui. Dengan begitu sikap optimis dan semangat terus terjaga sehingga akan meningkatkan imunitas.

Baca juga : Ini Saran Guardiola Buat Pemainnya Yang Positif Corona

“Baca berita-berita yang positif. Kamu bisa membaca kisah-kisah inspiratif dari para survivor penyakit ini, upaya berbagai negara yang berhasil mengulanginya,” kata Rrembulannarfi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.