Dark/Light Mode

Berhasil Tekan Penyebaran Covid

Maluku, Aceh, Riau, Sulbar, Gorontalo, Diacungi Jempol

Rabu, 14 Oktober 2020 05:10 WIB
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito

RM.id  Rakyat Merdeka - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mengungkap lima provinsi dengan kenaikan kasus penularan Covid-19 tertinggi selama sepekan. 

Jawara dari kelima provinsi itu adalah Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Barat (Jabar).

Padahal Jateng dan Jabar pekan lalu sempat keluar dari lima besar. Namun pekan ini terjadi ledakan dan kembali masuk ke dalam lima besar. 

Hal ini diungkap Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof drh Wiku Bakti Bawono Adisasmito, MSc, PhD. Dia menyebutkan, lima provinsi itu adalah; Jateng, Jabar, Papua Barat, Sulawesi Selatan (Sulsel), dan Sulawesi Tenggara (Sultra). 

Untuk itu, ujar Wiku, perlu perhatian, khusus pada lima besar provinsi dengan kenaikan kasus tertinggi pada pekan ini. 

“Pekan sebelumnya Jateng dan Jabar sudah berhasil keluar dari lima besar. Namun pekan ini kembali masuk lima besar,” kata Wiku, saat konferensi pers di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, kemarin. 

Berita Terkait : Ayo Cepat Bagi Masker

Dia membeberkan, masingmasing kenaikan kasus di daerah tersebut yaitu, Jateng, naik 499 kasus, Jabar naik 383 kasus, Papua Barat naik 314 kasus, Sulsel naik 277 dan Sultra naik 204 kasus. 

“Bagi daerah yang masih masuk lima besar, kami minta segera evaluasi penerapan protokol kesehatannya di masyarakat. Jangan berlombalomba masuk ke lima besar kasus positif. Itu bukan prestasi,” tegas Wiku. 

Ahli di bidang kebijakan kesehatan dan penanggulangan penyakit infeksi ini juga menyatakan, perkembangan kasus Corona di tingkat nasional menurun dari pekan sebelumnya. Namun pekan ini kembali ada kenaikan. 

“Kenaikan kasus positifnya mencapai 5,9 persen. Ini yang seharusnya kita samasama hindari,” jelasnya. 

Selain itu, Wiku menyampaikan apresiasi kepada beberapa daerah, karena berhasil menekan penambahan kasus Corona. 

“Kami mengapresiasi Provinsi Maluku, Riau, Gorontalo, Sulawesi Barat, dan Aceh, yang pada pekan sebelumnya masuk ke dalam lima besar, pada pekan ini berhasil keluar,” ujarnya. 

Berita Terkait : Setelah Karantina 2 Minggu, Bupati Manokwari Selatan Sembuh Dari Corona

Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia (UI) di bidang Kebijakan Kesehatan ini pun meminta, lima daerah ini terus mempertahankan prestasinya. 

Dia berharap, tidak ada lagi penambahan kasus Corona di lima daerah ini. “Hal ini dapat dipertahankan agar penambahan kasus positif dapat terus menurun, bahkan menjadi tak ada penambahan kasus sama sekali,” jelasnya. 

Wiku juga menjelaskan, kasus kesembuhan dari Covid-19 terus meningkat setiap minggu. Khusus pekan ini, persentase kesembuhan Covid-19 nasional meningkat 4,4 persen. “Di pekan ini jumlah kesembuhan mengalami peningkatan 4,4 persen,” katanya. 

Data ini merupakan perbandingan kasus sembuh dari Covid-19 untuk periode 5 sampai 11 Oktober 2020, dengan periode 28 September sampai 4 Oktober 2020. 

Adjunct Professor di bidang Infectious Disease and Global Health oleh Tufts University, Amerika Serikat pada 2018 ini menyebut, dalam pekan ini, ada lima provinsi yang mengalami peningkatan kasus sembuh sangat tinggi. 

Yakni, Jawa Barat naik sebesar 2.055 dari 1.276 menjadi 3.331 kasus sembuh. Kemudian Sumatera Barat naik 466 dari 756 menjadi 1.222 kasus sembuh. 

Berita Terkait : Waspadai Penularan Covid-19 Dari Orang Terdekat

Kepulauan Riau naik 379 dari 167 menjadi 546 kasus sembuh. Jawa Tengah naik 324 dari 1.435 menjadi 1.759 kasus sembuh. Sedangkan, Kalimantan Timur naik 190 kasus, dari 1.021 menjadi 1.221. 

Sedangkan lima provinsi mencatat persentase kesembuhan Covid-19 tertinggi di tingkat nasional. Yaitu, Maluku Utara sebesar 89,23 persen, Gorontalo 88,63 persen, Kalimantan Utara sebesar 88,06 persen, Kalimantan Selatan sebesar 87,12 persen dan Jawa Timur sebesar 86,18 persen. 

Wiku berharap, 10 provinsi ini terus mempertahankan prestasinya dalam meningkatkan kasus sembuh dari Covid-19. 

“Kepada provinsi lainnya, mari berlombalombalah untuk mencapai angka kesembuhan tertinggi. Sehingga bisa meningkatkan angka kesembuhan secara nasional,” imbuhnya. [DIR]