Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gerak Cepat Kementan Tangani Corona Diacungi Jempol

Selasa, 25 Agustus 2020 20:55 WIB
Gedung Kementan. (Foto: ist)
Gedung Kementan. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pertanian (Kementan) langsung bergerak cepat pasca beberapa pegawainya terpapar virus corona (covid-19). Isolasi berkala hingga penyisiran tiap-tiap ruangan terus dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran yang lebih luas.

Pengamat Kebijakan Publik, Agus Pambagio mendukung, upaya pencegahan yang dilakukan Kementan. Menurutnya, penanganan corona harus dilakukan secara serius dengan menerapkan protokol kesehatan yang cukup ketat.

"Pastikan semua pegawai mengikuti test swab secara bersamaan. Bagi yang positif segera harus langsung dikarantina dan hanya boleh 50 persen pegawai yang masuk ke kantor," kata Agus, Selasa (25/8).

Baca juga : Begini Cara Kemendagri Dukung Ekosistem Mobil Listrik

Agus berharap, penularan corona dapat segera ditangani dengan baik melalui penerapan protokol kesehatan yang ketat. Ia mengajak, semua orang disiplin menggunakan masker dan membawa cairan pembersih tangan.

Ketua Harian DPD HKTI Jawa Barat, Entang Sastraatmaja optimistis, penularan virus Covid 19 di Kementan dapat segera ditangani dengan baik. Entang merasa yakin bahwa kebijakan yang ada mampu membuat situasi di Kementan tetap aman dan berjalan seperti biasanya.

"Saya kira Kementan akan tetap stabil karena Kementan sudah memiliki sistem kerja yang cukup bagus, sehingga Kementan tidak terganggu oleh orang per orang," katanya.

Baca juga : Kena Corona, Miralem Pjanic Tunda Merapat ke Camp Nou

Menurut Entang, Kementan tetap dapat menjalankan kinerjanya sesuai dengan sistem yang sudah terpolakan. Misalnya memfokuskan kinerjanya terhadap penyediaan pangan bagi masyarakat Indonesia.

"Harus diakui bahwa sektor pertanian adalah sektor yang tahan banting atas beragam masalah yang dihadapi bangsa kita saat ini. Artinya, ketika sektor-sektor di luar pertanian bertumbuh negatif, terbukti hanya sektor pertanian yang tumbuh positif," katanya.

Oleh karena itu, Entang menyarankan agar Kementan tetap menerapkan protokol kesehatan secara berkualitas. Langkah ini penting mengingat pertanian adalah sektor kunci bagi tumbuh kembangnya ekonomi nasional.

Baca juga : Kunci Penanganan Corona Di Tangan Generasi Muda

"Protokol kesehatan menjadi titik kuat untuk mencegah meluasnya virus Corona. Apalagi jika di Kementan sudah tercatat sekitar 18 pegawai nya terindikasi positif Covid 19. Saya kira yang lebih penting adalah produksi pangan harus berjalan," tutupnya. [BYU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.