Dark/Light Mode

Klaster Keluarga Melonjak

Protokol Kesehatannya Segera Dirampungkan

Rabu, 14 Oktober 2020 06:45 WIB
Reisa Broto Asmoro. (Istimewa)
Reisa Broto Asmoro. (Istimewa)

 Sebelumnya 
Sebagai informasi, sebagian dari 1.299 klaster yang ditemukan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) merupakan klaster keluarga.

Pada 11 September lalu, platform edukasi Pandemictalks mengungkapkan, setidaknya terdapat lima kota yang ditengarai terdapat penularan Covid-19 di lingkup keluarga. Yakni Bekasi, Bogor, Yogyakarta, Semarang, dan Malang.

Baca juga : Cegah Klaster Keluarga, Pemerintah Susun Protokol Kesehatan Khusus

Setidaknya juga, terdapat 230 keluarga yang menularkan ke 684 anggota keluarga. Pemerintah pun berkomitmen mengawal implementasi protokol kesehatan keluarga dengan kolaborasi dan sinergi antar kementerian/lembaga.

Ini demi memastikan dukungan kesehatan, sekaligus menguatkan ekonomi keluarga di masa pandemi. Sementara, Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo mengatakan, memakai masker saat ini menjadi kebiasaan baru sebagian besar masyarakat Indonesia.

Baca juga : Wamendes: Dari 74 Ribu Desa, Cuma 59 Yang Terpapar Corona

Meski penggunaan masker di tengah masyarakat sudah mengalami peningkatan sejak kampanye peningkatkan kesadaran masyarakat tentang Covid-19 kian gencar, tetapi dia menilai, belum semua orang memakai masker secara benar. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.