Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kembangkan Wirausaha, Kemenpora Tekankan Pemuda Kuasai Teknologi

Rabu, 21 Oktober 2020 19:01 WIB
Sesmenpora Gatot. S Dewa Broto. (Foto : Sesmenpora)
Sesmenpora Gatot. S Dewa Broto. (Foto : Sesmenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sesmenpora Gatot S. Dewa Broto mengatakan wirausaha muda harus menguasai teknologi untuk mendukung pengembangan usaha. Menurutnya, pandemi Covid-19 telah mengubah perilaku masyarakat menggunakan teknologi.

"Sekarang ini eranya IT, tidak terpikir akibat covid ini anak SD sudah bermain IT, artinya secara cepat bisa berubah. Saat ini muncul banyak start-up baru, wirausaha di pelosok, luar kota, luar pulau bisa memasarkan secara IT, yang penting mindset harus berubah, kewajiban Kemenpora untuk merubah mindset dan itu perlu sosialisasi," kata Sesmenpora saat menjadi pembicara pada Rakor Strategi Lintas Sektoral Pelayanan Kepemudaan di Jakarta, Selasa (21/10) dalam keterangan tertulisnya.

Dikatakan Gatot, Menpora RI Zainudin Amali telah menetapkan lima program prioritas. Pertama; perbaikan tata kelola, penyederhanaan regulasi, penyesuaian birokrasi dan peningkatan kecepatan pelayanan publik.

Baca juga : Kemenpora Gelar Rakor Sinergi Lintas Sektor Pelayanan Kepemudaan

Kedua; pemberdayaan pemuda menjadi kreatif, inovatif, mandiri dan berdaya saing serta menumbuhkan semangat kewirausahaan.

Ketiga, penguatan ideologi pancasila dan karakter serta budaya bangsa dikalangan pemuda. Lalu, keempat, pemasalan dan pemasyarakatan olahraga yang menimbulkan kegemaran untuk hidup lebih sehat dan bugar dikalangan masyarakat.

Dan kelima; pembinaan usia dini dan peningkatan prestasi atlet yang terencana dan berkesinambungan. 

Baca juga : Bansos Ringankan Beban Warga Terdampak Covid

"Poin penting dalam pengembangan kepemudaan saat ini adalah menggerakkan kewirausahaan. Ditambah penguasaan teknologi menjadi basis penting yang harus terus dikembangkan, karena dengan itu lintas jarak dan waktu akan mudah dilakukan dalam promosi dan pemasaranya," tambah Gatot.

Tentang strategi pembangunan kepemudaan, menurut Gatot diperlukan juga penguatan kapasitas kelembagaan, menyangkut sistem koordinasi lintas pemangku kepentingan, serta pengembangan peran swasta dan masyarakat dalam menyelenggarakan pelayanan kepemudaan yang terintegrasi (melalui implementasi RAN Pembangunan Kepemudaan).

"Sekarang sudah era IT, harusnya ada semacam dashboard, semacam monitor yang terintegrasi. Kemenpora sudah berbuat apa, K/L lain melakukan apa, jika tidak terintegrasi nanti hanya seperti pulau-pulau sendiri-sendiri," kata Sesmenpora.[IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.