Dark/Light Mode

Menag Yakin Pesantren Bisa Lewati Pandemi Covid-19 Dengan Baik

Kamis, 22 Oktober 2020 12:54 WIB
Menteri Agama Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi memimpin upacara Peringatan Hari Santri di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Kamis (22/10/2020). [Foto: Humas Kemenag]
Menteri Agama Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi memimpin upacara Peringatan Hari Santri di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Kamis (22/10/2020). [Foto: Humas Kemenag]

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Agama (Menag) Jenderal TNI (Purn.) Fachrul Razi yakin, bahwa santri dan keluarga besar pesantren dapat melewati pandemi Covid-19 ini dengan baik. Hal ini dia sampaikan saat memimpin upacara Hari Santri 2020 di halaman Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Kamis (22/10/2020).

Menurutnya, peringatan hari santri tahun ini secara khusus mengusung tema "Santri Sehat Indonesia Kuat". Isu kesehatan diangkat berdasarkan fakta, bahwa dunia internasional, tak terkecuali Indonesia, saat ini tengah dilanda pandemi Covid-19.

Baca juga : Mendagri Tak Pernah Larang Peringatan Maulid Nabi

“Tema ini merupakan jawaban dari komitmen kita bersama, dalam mendorong kemandirian dan kekhasan pesantren. Saya yakin, jika santri dan keluarga besar pesantren sehat, bisa melewati pandemi Covid-19 dengan baik. Insya Allah, negara kita juga akan sehat dan kuat,” kata Menag, di Jakarta, Kamis (22/10).

Selama tujuh bulan masa pandemi, ujarnya, banyak pesantren yang telah berhasil melakukan upaya pencegahan, pengendalian, dan penanganan dampak penyebaran Covid-19. Ini menjadi bukti nyata, bahwa pesantren juga memiliki kemampuan di tengah berbagai keterbatasan fasilitas yang dimiliki.

Baca juga : Survei Indikator: 66 Persen Masyarakat Puas Dengan Kinerja Jokowi

“Tradisi kedisiplinan yang selama ini diajarkan kepada para santri, keteladanan dan sikap kehati-hatian kiai dan pimpinan pesantren menjadi kunci. Semua tetap mengutamakan keselamatan santrinya,” kata mantan Wakil Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) ini.

Dia berharap, keluarga pesantren, masyarakat Indonesia dan warga dunia bisa melewati pendemi covid-19 ini dengan baik. Upacara Hari Santri 2020 ini diikuti oleh seluruh pejabat eselon I, II, III, IV dan sebagian Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenag, dengan mematuhi protokol kesehatan. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.