Dark/Light Mode

Survei Indikator: 66 Persen Masyarakat Puas Dengan Kinerja Jokowi

Rabu, 21 Oktober 2020 18:28 WIB
Presiden Jokowi. (Foto: Twitter)
Presiden Jokowi. (Foto: Twitter)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil survei Indikator Politik Indonesia tentang mitigasi dampak Covid-19 di Tanah Air menunjukkan masyarakat masih puas dengan kinerja pemerintahan Jokowi.

Menurut Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi, jumlah yang puas dengan kinerja pemerintah untuk bulan September mencapai 66 persen. “Di Mei yang puas atau cukup puas itu hanya sedikit di atas 50 persen,” kata dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (21/10).

Baca juga : Dengarkan Masukan Masyarakat, KPK Tinjau Ulang Pengadaan Mobil Dinas

Selanjutnya jumlah yang kurang puas ada 26,4 persen dan tidak puas cuma 2,4 persen. Dia katakan tingkat kepuasan masyarakat terdongkrak karena ada bantuan sosial (bansos) yang dikeluarkan. Hal lain yang juga berpengaruh terhadap puas tidaknya masyarakat dengan pemerintah pusat, yaitu aspek kelas, dan aspek partisan.

“Aspek kelas, semakin rendah tingkat pendidikan dan pendapat, cenderung lebih puas dibanding mereka yang pendapatan atau pendidikannya tinggi terhadap kinerja pemerintah pusat,” ujarnya.

Baca juga : PSBB Transisi DKI Kerek Penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta

Sementara aspek partisan yaitu tergantung terhadap apa yang menjadi pilihan politik di Pilpres 2019 lalu. Seseorang yang pada pemilu lalu memilih Jokowi-Ma’ruf cenderung akan mengatakan puas dengan kinerja pemerintah pusat. Sebaliknya, ketika seseorang memilih Prabowo-Sandiaga di 2019 lalu, meskipun Prabowo sudah masuk pemerintah, maka responden cenderung menjawab tidak puas.

Untuk diketahui, survei dilakukan selama 24-30 September terhadap 1.200 responden digelar melalui sambungan telepon. Dengan asumsi metode simple random sampling. Survei ini memiliki toleransi kesalahan (margin of error) sekitar 2,9. Tingkat kepercayaan 95 persen. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.