Dark/Light Mode

Pengendalian Inflasi, Jokowi Tegaskan 5 Hal Penting

Kamis, 22 Oktober 2020 19:17 WIB
Pengendalian Inflasi, Jokowi Tegaskan 5 Hal Penting

 Sebelumnya 
Perry menjelaskan, inflasi yang terkendali menjadi momentum untuk meningkatkan peran UMKM, dalam memperkuat rantai pasokan lokal (local supply chain) dengan mengoptimalkan pesatnya digitalisasi.

Menurutnya, peningkatan peran UMKM dapat terus dilakukan melalui pengembangan korporatisasi, peningkatan kapasitas dan penyediaan pembiayaan, serta pemanfaatan teknologi digital.

Baca juga : Peringati Hari Santri, Ibas Bagikan Wifi Gratis

"Ke depan, Bank Indonesia, pemerintah pusat, dan pemerintah daerah terus berkomitmen melakukan sinergi untuk mengembangkan ekosistem digital UMKM secara terintegrasi dari hulu hingga hilir. Sehingga, dapat mempercepat transformasi UMKM," ujar Perry.

Rakornas Pengendalian Inflasi kali ini mengambil tema "Transformasi Digital UMKM Pangan untuk Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Stabilitas Harga menuju Indonesia Maju”.

Baca juga : Pilih Isolasi Mandiri Di Rumah? Perhatikan 5 Poin Ini

Menko Perekonomian selaku Ketua Tim Pengendalian Inflasi Nasional (TPIN), Gubernur Bank Indonesia, Menteri Keuangan, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, serta Menteri Dalam Negeri juga turut memberikan sambutan dalam acara tersebut.

Selain itu, Rakornas juga dihadiri oleh 542 Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dari 34 provinsi dan 508 kabupaten/kota.

Baca juga : Menag: Tindak Tegas Kerumunan Hajatan Kankemenag Jombang

Pada Rakornas tersebut, penghargaan TPID diberikan kepada beberapa daerah dengan kinerja terbaik dan berprestasi di tahun 2019. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.