Dark/Light Mode

Kemendes Raih Penghargaan Mitra Pengabdian Masyarakat Dari IPB

Sabtu, 31 Oktober 2020 16:54 WIB
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar saat menerima pengharhaan di IPB International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (31/10). (Foto: Kemendes)
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar saat menerima pengharhaan di IPB International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (31/10). (Foto: Kemendes)

 Sebelumnya 
Gus Menteri mengatakan, Kemendes PDTT telah menyiapkan loncatan untuk percepatan pembangunan desa berupa satu bentuk konsep pembangunan desa yang terukur, akseleratif, dan dapat dipantau oleh seluruh masyarakat.

Hal tersebut ia tuangkan dalam Buku Sustainable Development Goals (SDGs) Desa. “SDGs Desa merupakan tindak lanjut dari Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan,” terangnya.

Baca juga : Kemenko Marves Kawal Persiapan MotoGP Mandalika 2021

Di samping itu, lanjutnya, Kemendes PDTT juga telah menyelesaikan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) terkait Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa).

Menurutnya, SDGs Desa dan RPP terkait BUM Desa tersebut akan mempercepat proses pembangunan seluruh desa di Indonesia. “Dua hal inilah (SDGs Desa dan BUM Desa) yang akan mempercepat proses pembangunan desa-desa di Indonesia, sebagai wujud implementasi dari satu harapan Bapak Presiden yakni membangun Indonesia dari pinggiran,” ujarnya.

Baca juga : Bersinergi Dengan Kemensos, KNPI Salurkan Bantuan Untuk Masyarakat Di Daerah

Di sisi lain, ia juga meminta IPB untuk terus mendukung dan membantu pemerintah dalam mempercepat pembangunan desa.

Di samping itu, ia juga meminta IPB University turut memantau kinerja Kemendes PDTT. “Mohon juga dipantau melalui buku ini (SDGs Desa). Semua warga masyarakat juga bias memantau kinerja Kementegrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi,” pungkasnya. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.