Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tinjau Puncak Arus Balik Di Soetta, Menhub Apresiasi Penerapan Protokol Kesehatan

Minggu, 1 November 2020 21:17 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi (ketiga kiri) saat meninjau langsung operasional Bandara Soekarno-Hatta, Minggu (1/11). (Foto: Dok. AP II)
Menhub Budi Karya Sumadi (ketiga kiri) saat meninjau langsung operasional Bandara Soekarno-Hatta, Minggu (1/11). (Foto: Dok. AP II)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau langsung operasional Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) hari ini, Minggu (1/11), yang merupakan puncak arus balik periode libur panjang 28 Oktober-1 November 2020. Menhub tiba di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta sekitar pukul 14.30 WIB untuk kemudian melihat proses validasi dokumen kesehatan (hasil rapid test/PCR test) yang dilakukan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan (KKP Kemenkes). 

Setelah itu, Menhub melihat situasi di check in area serta boarding lounge yang merupakan tempat menunggu bagi traveler sebelum naik ke pesawat. Usai meninjau sisi darat Terminal 2, Menhub menuju sisi udara Terminal 3 untuk melakukan inspeksi keselamatan (ramp check) terhadap salah satu pesawat. 

Baca juga : Maulid Nabi Momentum Jaga Persatuan Untuk Keutuhan NKRI

Pria yang akrab disapa BKS itu juga melakukan pengecekan alur kedatangan internasional, termasuk melihat shelter pengambilan sampel PCR Test bagi penumpang pesawat dari Singapura di dalam skema Travel Corridor Arrangement (TCA) Indonesia-Singapura. Terkait ini, BKS juga melihat kendaraan Mobile Diagnosis Real Time PCR yang ada di Terminal 3. Shelter pengambilan sampel PCR Test dan kendaraan Mobile Diagnosis Real Time PCR merupakan hasil kerja sama PT Angkasa Pura II dan Farmalab yang merupakan anak usaha Indofarma. 

“Saya pastikan bahwa layanan bandara berjalan dengan baik. Saya apresiasi PT Angkasa Pura II, maskapai, KKP, AirNav Indonesia, Otoritas Bandara, dan khususnya TNI/Polri yang siaga penuh 24 jam,” ujar BKS dalam keterangan yang diterima RMco.id, Minggu (1/11).

Baca juga : Corona Nggak Libur, Tetap Lakukan Protokol Kesehatan

“Hari ini kita pastikan layanan dan safety berjalan dengan baik, lebih dari itu protokol kesehatan juga berjalan baik. Protokol kesehatan harus dikawal,” tambahnya. Selain melakukan peninjauan, BKS juga membagi-bagikan masker gratis bagi para penumpang, staf pihak ground handling, dan staf bandara. 

Jumlah Penumpang
Di tempat yang sama, President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, jumlah penumpang di Bandara Soekarno-Hatta pada hari ini diperkirakan mencapai sekitar 67.000 orang. “Melihat data yang kami terima dari maskapai, jumlah penumpang pada puncak arus balik hari ini di Bandara Soekarno-Hatta sekitar 67.000 orang, yang merupakan jumlah penumpang tertinggi di tengah pandemi ini. Sementara itu, pergerakan pesawat kami perkirakan mencapai 700 penerbangan,” ucapnya.

Baca juga : TPR Award 2020, Apresiasi Kinerja Public Relations

Dia berharap, tren ini dapat terjaga. “Dan yang paling penting adalah, agar PT Angkasa Pura II dan seluruh stakeholder dapat dengan konsisten menerapkan protokol kesehatan melalui konsep Biosafety dan Biosecurity Management,” ujar Muhammad Awaluddin. 

Ada pun tingkat ketepatan waktu (on time performance/OTP) penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta mencapai hampir 90 persen. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.