Dark/Light Mode

Siap Jadi Destinasi Kelas Dunia

Presiden Jokowi Resmikan KEK Pariwisata Tanjung Kelayang

Kamis, 14 Maret 2019 15:11 WIB
Presiden Jokowi (tengah) didampingi Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita, Menhub Budi Karya Sumadi dan Menpar Arief Yahya, menandatangani prasasti peresmian KEK Tanjung Kelayang, di Bandara Depati Amir, Pangkal Pinang, Bangka Belitung, Kamis (14/3) pagi. (Foto: Setkab RI).
Presiden Jokowi (tengah) didampingi Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita, Menhub Budi Karya Sumadi dan Menpar Arief Yahya, menandatangani prasasti peresmian KEK Tanjung Kelayang, di Bandara Depati Amir, Pangkal Pinang, Bangka Belitung, Kamis (14/3) pagi. (Foto: Setkab RI).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Kelayang, di Pulau Belitung, telah resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sebuah acara di Bandara Depati Amir, Pangkal Pinang, Provinsi Bangka Belitung (Babel), Kamis (14/3) pagi.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Darmin Nasution dalam laporannya menuturkan, sampai saat ini sudah 12 (dua belas) KEK yang ditetapkan, 8 (delapan) diantaranya bertema manufaktur, dan 4 (empat) diantaranya bertema kepariwisataan.  

Baca juga : Airin Apresiasi Dinas Pariwisata Tangsel

Adapun yang sudah resmi beroperasi ada 6 (enam) KEK, yaitu KEK Sei Mangkei, KEK Tanjung Lesung, KEK Palu, KEK Mandalika, KEK Galang Batang, dan KEK Arun Lhokseumawe.”KEK Tanjung Kelayang, bersama dengan KEK Bitung, Morotai, dan Maloy Batuta Trans Kalimantan Insyaallah sudah dapat diresmikan pengoperasiannya,“ kata Darmin.

Dibangun di areal seluas 324 hektar dengan target investasi sebesar Rp 10,3 Triliun, KEK Tanjung Kelayang diproyeksikan dapat menyerap tenaga kerja sebanyak 23.645 orang.KEK ini dikembangkan sebagai instrumen transformasi ekonomi masyarakat Bangka Belitung, dari sebelumnya pertambangan timah, menjadi kepariwisataan. Provinsi yang dulunya bergabung dengan Sumatera Selatan inipun bersiap diri menjadi destinasi wisata kelas dunia.

Baca juga : Misbahul: Kami Rindu Pak Amien Yang Dulu

”Lokasi KEK Tanjung Kelayang sangat strategis karena terletak di Pulau Belitung, yang secara geografis berada di antara  Jakarta dan Singapura, yang diincar sebagai target captive market,” ujar Darmin.

Hingga saat ini, menurut Menko Perekonomian, KEK Tanjung Kelayang sudah berhasil menarik investasi dengan menghadirkan jaringan hotel internasional seperti Starwood Asia Pacific dan Accor Asia Pacific.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.