Dark/Light Mode

Jokowi Sambut Baik Kerangka Kerja Sama ASEAN Travel Corridor Agreement

Kamis, 12 November 2020 12:47 WIB
Jokowi Sambut Baik Kerangka Kerja Sama ASEAN Travel Corridor Agreement

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menyambut baik akan dikeluarkannya ASEAN Declaration on an ASEAN Travel Corridor Arrangement (TCA) Framework pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-37 ASEAN, yang digelar secara virtual melalui konferensi video.

Pengaturan ASEAN Travel Corridor tersebut sebelumnya telah diusulkan Presiden Jokowi, dalam KTT ke-36 ASEAN pada 26 Juni 2020 lalu.

Baca juga : BI dan Bank Singapura Perkuat Kerja Sama Tukar Mata Uang

“Di KTT ini, kita akan mengeluarkan ASEAN Declaration on an ASEAN Travel Corridor Arrangement Framework. Untuk itu, rencana implementasi ASEAN TCA harus segera diwujudkan,” kata Presiden Jokowi, dalam pidato pada KTT Pleno ke-37 ASEAN dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (12/11).

Untuk mewujudkan implementasi TCA tersebut, Presiden Jokowi mendorong agar Dewan Koordinasi ASEAN dan Badan Sektoral ASEAN segera bergerak cepat dan efisien.

Baca juga : Jokowi Happy Lihat Hasil Kerja Mantan Mentan

Menurutnya, ASEAN perlu segera merealisasikan pembentukan jalur cepat sementara (temporary fast lane) dan protokol kesehatan saat keberangkatan dan kedatangan, pemanfaatan platform digital yang terintegrasi di kawasan, penentuan port of entry, serta ketentuan protokol kesehatan yang ketat.

“Saya harap, ASEAN TCA ini dapat segera dioperasionalisasikan pada kuartal pertama tahun depan. Pengaturan tersebut akan memunculkan optimisme, bahwa kegiatan ekonomi kita secara bertahap dapat diaktifkan kembali, dengan secara disiplin menerapkan protokol kesehatan. Rakyat kita tidak bisa menunggu lebih lama lagi. Mereka ingin melihat kawasan kita segera bangkit,” papar Jokowi.

Baca juga : Jepang Dan RI Kerja Sama Atasi Pandemi Covid-19

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga memandang positif penandatanganan Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP). RCEP berhasil ditandatangani, setelah negara-negara ASEAN bernegosiasi selama kurang lebih 8 tahun.

“Kita harus buktikan, integrasi ekonomi yang sangat besar ini akan membawa manfaat bagi rakyat kita,” tandas Jokowi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.