Dark/Light Mode

Top, KLHK Raih Dua Penghargaan Inovasi Pelayanan Publik 2020

Kamis, 26 November 2020 08:25 WIB
KLHK raih penghargaan inovasi pelayanan publik 2020 dari Kemenpan-RB.
KLHK raih penghargaan inovasi pelayanan publik 2020 dari Kemenpan-RB.

RM.id  Rakyat Merdeka - Sistem Monitoring Kehutanan Nasional (Simontana) atau National Forest Monitoring System (NFMS) milik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) raih Top 45 Inovasi Pelayanan Publik tahun 2020 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB). 

Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar mengucapkan terima kasih dan gembira karena Simontana LHK masuk Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2020

"Saya bersyukur dan bangga atas keberhasilan inovasi Simontana, serta inovasi lainnya yang dapat memberikan manfaat untuk masyarakat dan negara," kata Siti di Jakarta, Rabu (25/11).

Siti menilai, inovasi teknologi informasi ini merupakan produk dan hasil kerja keras  jajaran LHK dengan dukungan APBN dan keilmuan, asli dalam negeri. 

Baca juga : Badan Publik Informatif Dan Top Inovasi Pelayanan Publik

Pada kesempatan ini, KLHK juga meraih Top 46 Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik. 

Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik merupakan ajang pemberian penghargaan kepada instansi dengan pengelolaan pengaduan pelayanan publik terbaik di Indonesia. 

Menteri LHK mengatakan,  pencapain kinerja ini diraih dengan usaha yang keras, apalagi dalam berinovasi pasti bukanlah hal yang mudah saat pengembangannya. 

Selain dari aspek teknik, terdapat pula aspek nilai-nilai seperti keterbukaan, integritas, kebersamaan, kerja yang terukur dan terbuka untuk menerima catatan-catatan kritis konstruktif, dan etos kerja, sifat kompetitif yang akan terus mendorong pada kemajuan.

Baca juga : Wapres RI Berikan Penghargaan Kepada KAI Sebagai Badan Publik Informatif Kategori BUMN

"Terima kasih dan apresiasi yang tinggi saya sampaikan atas kerja keras para ASN KLHK dalam memberikan pelayanan kepada publik," pungkasnya. 

Sekarang ini, pelayanan Simontana juga dipergunakan sebagai pendukung utama sistem MRV REDD+ sektor lahan dan implementasi pembayaran berbasis hasil (Result-Based Payment) REDD+. 

Simontana juga digunakan sebagai media pelaporan inventarisasi Gas Rumah Kaca, pelaporan dalam Forest Resource Assesment – FAO, penyusunan Forest Reference Emission Level (FREL) dan kebutuhan internasional lainnya.

KLHK juga pernah berhasil masuk dalam Top 45 Inovasi Pelayanan Publik dari Kemenpan-RB adalah Proper (Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan) dan Sipongi (Sistem Informasi Deteksi Dini Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Berbasis Web) pada 2019.  [NOV]

Baca juga : TASPEN Raih Dua Penghargaan, Badan Publik Informatif Dan Top Inovasi Pelayanan Publik


 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.