Dark/Light Mode

ESDM: Ini 6 Poin Positif DME Untuk Indonesia

Senin, 7 Desember 2020 13:59 WIB
Plt. Kepala Badan Litbang Kementerian ESDM Dadan Kusdiana. (Foto: Kementerian ESDM)
Plt. Kepala Badan Litbang Kementerian ESDM Dadan Kusdiana. (Foto: Kementerian ESDM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim Kajian Hilirisasi Batubara Badan Litbang Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatatkan bahwa proyek Dimethyl Ether (DME) secara keekonomian layak dijalankan. DME merupakan produk hilirisasi batubara dapat mensubstitusi LPG yang saat ini masih dipakai untuk rumah tangga.

Baca juga : ESDM: Proyek Investasi DME Sangat Ekonomis, Ini Buktinya

Kebijakan pemerintah yang perlu disiapkan untuk mendukung proyek ini antara lain adalah kebijakan Harga Jual khusus Batubara, Harga Jual DME, dan Skema Subsidi DME.

Baca juga : 2 Pemain Muda Persija Terpilih Ikuti TC Timnas U-16 Indonesia

Meski sudah ramai gaungnya, namun belum banyak yang tahu bahwa proyek DME selain memperhitungkan aspek finansial juga akan memberikan nilai tambah yang lebih luas terhadap negara. "Selain keekonomian proyek, setidaknya terdapat 6 poin dampak ekonomi dari hilirisasi batubara dengan kapasitas produksi sekitar 1,4 juta ton DME. Benefit ini mungkin belum banyak diketahui publik," ungkap Plt. Kepala Badan Litbang Kementerian ESDM Dadan Kusdiana di Jakarta, Minggu (6/12).

Baca juga : Swiss Jajaki Kerja Sama Pelayanan Kesehatan Digital Dengan Indonesia

Pertama, DME meningkatkan ketahanan energi nasional dan mengurangi ketergantungan impor LPG. Dengan penggunaan DME, akan menekan impor LPG hingga 1 juta ton LPG per tahun, dengan kapasitas produksi DME 1,4 juta ton per tahun. Kedua, menghemat cadangan devisa hingga Rp 9,7 triliun per tahun dan menghemat Neraca Perdagangan hingga Rp 5,5 triliun per tahun.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.