Dewan Pers

Dark/Light Mode

Makin Banyak Wilayah Jadi Zona Merah

Sambut 2021, Pemda Jangan Lengah Protokol Kesehatan

Senin, 28 Desember 2020 06:13 WIB
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito.
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito.

RM.id  Rakyat Merdeka - Tahun segera berganti. Namun, wilayah dengan status Zona Merah Corona masih tinggi.

Pemimpin daerah dan masyarakat diminta serius menerapkan disiplin protokol kesehatan (prokes), agar kasus Covid-19 bisa di­tekan. Lawancovid19_id mengunggah meme yang menampilkan data zona risiko daerah per 22 Desember 2020.

Disebutkan, hanya ada 12 kabupaten/kota yang tidak terdampak atau memiliki kasus baru Covid-19. Sedangkan 378 kabupaten/ kota berada di Zona Oranye atau berisiko sedang. Sementara 60 kabupaten/kota berada di Zona Merah. “Waspada, jangan lengah! Jangan sampai akhir tahun menjadi ajang lemburnya virus penyebab Covid-19.

Berita Terkait : Strategi Pemasaran Digital, Lancar Jualan Saat Pandemi

“Mari songsong 2021 dengan menegakkan disiplin protokol kesehatan 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun),” ujar lawancovid19_id dalam caption-nya.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito menyoroti 28 kabu­paten/kota yang skornya hampir mendekati Zona Merah di Zona Oranye. Zona Merah berarti skornya di bawah 1,81. Zona Oranye, skornya antara 1,81-2,4 dan Zona Kuning 2,41-3. Lalu Zona Hijau, lebih dari 3.

Wiku menuturkan, daerah-daerah itu perlu serius menyikapi skor tersebut, karena sudah mendekati Zona Merah. Pada skor 1,81 ada 4 daerah, di antaranya di Mihasa Selatan (Sumatera Utara), Sumba Tengah (NTT), Banyumas (Jawa Tengah) dan Kota Bekasi (Jawa Barat).

Berita Terkait : Indonesia Siap Gelar Tes Corona Terbanyak Di Dunia

Skor 1,82 ada 5 daerah, di antaranya berada di Gunung Mas dan Barito Timur (Kalimantan Tengah), Bekasi (Jawa Barat), Jakarta Utara (DKI Jakarta) dan Kota Palembang (Sumatera Selatan). Lalu skor 1,83 ada 2 daerah, yakni Jepara (Jawa Tengah) dan Bandung (Jawa Barat). Skor 1,84 di Mukomuko (Bengkulu) dan Kota Medan (Sumatera Utara).

Skor 1,85 ada 4 daerah, yakni Kapuas (Kalimantan Tengah), Kota Kediri (Jawa Timur), Karanganyar dan Pati (Jawa Tengah). Skor 1,86 di Grobogan (Jawa Tengah) dan Bengkulu Utara (Bengkulu). Skor 1,87 di Pamekasan (Jawa Timur).

Skor 1,88 di Gowa (Sulawesi Selatan), Kota Pangkal Pinang (Kepulauan Bangka Belitung) dan Lampung Selatan (Lampung). Dan skor 1,9 berada di Mimika (Papua), Ngawi dan Lamongan (Jawa Timur), serta Magelang dan Pekalongan (Jawa Tengah).
 Selanjutnya