Dark/Light Mode

Antisipasi Penyebaran Virus Covid-9

Ditjen Hubla Gelar Random Check Swab Test Antigen Penumpang Ke Kepulauan Seribu

Jumat, 1 Januari 2021 06:00 WIB
Antisipasi Penyebaran Virus Covid-9 Ditjen Hubla Gelar Random Check Swab Test Antigen Penumpang Ke Kepulauan Seribu

RM.id  Rakyat Merdeka - Meski dalam situasi pandemi virus Covid-19, masa libur akhir tahun Natal dan Tahun Baru banyak dimanfaatkan warga masyarakat sekitar DKI Jakarta untuk berwisata menuju ke Kepulauan Seribu.

Terkait hal tersebut, meski tidak ada kewajiban penumpang untuk melakukan rapid tes antigen dalam wilayah aglomerasi perkotaan, namun Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan melalui Balai Kesehatan Kerja Pelayaran (BKKP) bersiaga penuh mengantisipasi penularan virus Covid-19 di sarana transportasi umum.

Baca juga : Antisipasi Varian Baru Covid, Kemenhub Tutup Pintu Buat WNA Dari Inggris

BKKP menggelar kegiatan random check Rapid Swab Antigen Covid-19 kepada pada calon penumpang kapal dari Pelabuhan Kaliadem.

"Sesuai arahan Bapak Menteri Perhubungan, kami bersama KSOP Muara Angke selalu memastikan penumpang menerapkan protokol kesehatan yaitu menjaga jarak, mencuci tangan, dan memakai masker di sarana transportasi umum, khususnya di Pelabuhan Kaliadem. Selain itu, kami juga melakukan kegiatan Random Check Rapid Swab Antigen Covid19," kata Kepala BKKP Dr. Hesti Ekawati, Rabu (31/12).

Baca juga : Mulai Senin Besok, Warga Asing Tak Boleh Masuk Negeri Sakura

Kegiatan Random Check Rapid Swab Antigen Covid-19 ini sudah dilaksanakan selama satu minggu. Setiap hari, terdapat puluhan calon penumpang kapal dilakukan uji swab.

"Kegiatan ini sudah berlangsung sejak tanggal 28 sampai 31 Desember 2020. Setiap hari, ada 50 calon penumpang yang kami uji swab secara gratis. Dalam kegiatan random check tersebut, ditemukan 6 calon penumpang yang hasil swab antigennya positive. Dengan hasil tersebut, pastinya calon penumpang langsung dilarang melanjutkan perjalanan," jelas Hesti.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.