Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Antisipasi Kasus Covid Bakal Meroket

Semua RS Diminta Tambah Tempat Tidur Dan Staf Nakes

Selasa, 5 Januari 2021 06:15 WIB
Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto. (Foto: Youtube)
Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto. (Foto: Youtube)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah menyiapkan sejumlah strategi mengantisipasi kasus Covid-19 di Indonesia yang dikhawatirkan bakal melonjak dalam waktu dekat ini. Salah satunya, menambah tempat tidur sebanyak 30 persen di masing-masing Rumah Sakit (RS).

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto mengatakan, Pemerintah bakal menggandeng sebagian besar Rumah Sakit untuk menyiapkan tempat tidur bagi pasien Covid-19. Dengan begitu, pasien bisa mendapat pertolongan sesegera mungkin.

“Kami dorong agar terjadi optimalisasi tempat tidur, baik Rumah Sakit di tingkat pusat maupun daerah, negeri ataupun swasta,” katanya, saat konferensi pers di Istana Kepresidenan, Jakarta, kemarin.

Baca juga : Hari Ini, BGS Sidak Kesiapan RSUP Fatmawati dan RSUD Pasar Minggu

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian itu memprediksi terjadi kenaikan kasus Covid setelah mendapat laporan dari Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin Minggu (3/1) lalu.

Dalam laporannya itu, Budi mengungkap tentang peningkatan pasien Covid yang mencapai 110.679 kasus. Apalagi, masyarakat baru saja melewati libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Selain penambahan tempat tidur, kata Airlangga, Pemerintah juga bakal menambah 10 ribu Tenaga Kesehatan (Nakes) yang disebar di masing-masing fasilitas layanan kesehatan, sehingga pasien Corona bisa tertangani dengan baik.

Baca juga : Kemenkes Imbau RS Tambah Kapasitas Tempat Tidur Pasien Covid 30-40 Persen

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum Partai Golkar itu juga meminta Protokol Kesehatan (Prokes) diperkuat lagi. Menurutnya, penerapan prokes tidak dapat dipisahkan dengan upaya lainnya yakni vaksinasi dan upaya 3 T (tracing, testing, dan treatment).

“Jadi pemerintah akan terus mendorong peningkatan kedisiplinan masyarakat. Ya memakai masker, menjaga jarak, juga mencuci tangan dan tetap menghindari kerumunan,” tuturnya.

Lagi pula, kata Airlangga, program vaksinasi baru akan dilakukan pada pertengahan bulan ini. Kemudian, vaksinasi terhadap 182 juta penduduk setidaknya memerlukan waktu 15 bulan untuk menyelesaikannya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.