Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Turunkan Tingkat Kematian Corona

Pemerintah Gencarkan Donor Plasma Konvalesen

Jumat, 15 Januari 2021 09:14 WIB
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. (Foto: Dok. Kemenko PMK)
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. (Foto: Dok. Kemenko PMK)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah tengah menggenjot donor plasma konvalesen. Para penyintas Covid-19 di Tanah Air diminta melakukan donor tersebut. Antibodi dalam plasma darah para eks pasien Corona yang sudah sembuh itu, diyakini bisa membantu menyelamatkan mereka yang masih terjangkit virus tersebut.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyebut, plasma konvalesen sudah terbukti menyelamatkan banyak pasien Covid-19.
 
“Saya mohon kepada penyintas yang telah sembuh dari wabah Covid-19, sekarang saatnya memberikan bantuan dan sebagian dari berkahnya kepada saudara-saudaranya yang sedang mengalami cobaan,” ujar Muhadjir, saat berkunjung ke Markas Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi DKI Jakarta, kemarin.

Baca juga : Anies Jadi Donor Darah Plasma Konvalesen

Terapi plasma konvalesen dilakukan dengan memberikan plasma atau bagian darah yang mengandung antibodi dari orang yang telah sembuh, kepada pasien yang sakit. Mereka yang telah sembuh dari terinfeksi Covid-19, telah memiliki antibodi terhadap virus itu dalam berbagai level. Antibodi dalam plasma darah yang cukup tinggi itulah yang ditransfusikan kepada pasien lainnya, untuk membantu kesembuhan.

Saat ini, penyintas Covid-19 dapat melakukan donasi plasma konvalesen di 29 Unit Donor Darah (UDD) PMI dengan syarat medis tertentu. Untuk menggenjot donor plasma konvalesen, pemerintah secepatnya akan mencanangkan Gerakan Nasional Donor Plasma Konvalesen.

Baca juga : Rutan KPK Jadi Sepi Nih

Saat ini, kata dia, penyintas Covid-19 dapat melakukan donasi plasma konvalesen di 29 Unit Donor Darah (UDD) PMI. Pencanangan gerakan ini rencananya akan dilakukan di kantor Pusat PMI di Jakarta. Dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara daring, dan beberapa menteri dan pejabat negara secara langsung.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menyebut, dalam acara tersebut, para pejabat publik yang pernah terpapar Corona akan melakukan donor plasma konvalesen. Diharapkan, masyarakat akan mencontoh langkah para pejabat publik ini.

Baca juga : TPDI Ingatkan Satyo Purwanto Soal Pidana Pencemaran Nama Baik

“Mudah-mudahan dengan mereka nanti beramai-ramai mendonor konvalesen, akan ikut mencegah angka fatalitas Covid-19 di Indonesia, yang masih di atas rata-rata dunia,” harap Muhadjir. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.