Dark/Light Mode

Tahanan Yang Kena Corona Nambah Lagi

Rutan KPK Jadi Sepi Nih

Kamis, 14 Januari 2021 07:07 WIB
Juru Bicara KPK Ali Fikri (Foto:Teddy Kroen/RM)
Juru Bicara KPK Ali Fikri (Foto:Teddy Kroen/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang terinfeksi virus Corona nambah lagi. Kali ini, lima tahanan yang mendekam di rumah tahanan Gedung Merah Putih, Jl. Kuningan Persada, Jakarta Selatan, positif terpapar virus tersebut. Rutan KPK jadi sepi

Hasil ini diketahui setelah para tahanan itu menjalani swab test ulang pada Senin (11/1). Pelaksana Tugas, Juru Bicara KPK Ali Fikri mengungkapkan, tes usap itu dilakukan pada 10 tahanan.

Kesepuluh tahanan ini sebelumnya pernah menjalani swab test pada Kamis (7/1) bersama 14 tahanan lainnya. Keempat belas tahanan lain itu dinyatakan positif Covid-19. Sisanya, negatif. “Lalu yang 10 orang diswab kembali Senin (11/1), dan lima positif,” ujar Ali kepada Rakyat Merdeka, semalam.

Baca juga : Pemprov DKI Tambah 3 RS Rujukan Dan Nakes

Menindaklanjuti hasil itu, kelima tahanan segera dipindahkan ke Wisma Atlet untuk menjalani perawatan dan isolasi. Dua ambulans bertuliskan Satgas Covid-19 BNPB menjemput kelima tahanan ini pukul 13.43 WIB. Petugasnya mengenakan pakaian dengan perlindungan diri lengkap.

Kelima tahanan ini menyusul 14 rekan mereka yang sudah berada di rumah sakit darurat Covid-19 tersebut.

Hingga saat ini, KPK masih mencari sumber penularan para tahanan ini. Penjaga rutan dan pengawal tahanan, dipastikan bukan sumber penularan. Sebab mereka dinyatakan negatif Corona setelah menjalani swab test.

Baca juga : Wafat Karena Corona, Syahid!

“Dugaan (penularan), dari tahanan yang keluar berobat di rumah sakit. Tapi belum bisa dipastikan juga,” imbuh jubir berlatar belakang jaksa ini.

Ali memastikan, selama di Wisma Atlet, tetap dilakukan penjagaan dari tim pengawal tahanan KPK dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat. Ada ruangan khusus di sana untuk melakukan pengawasan dan koordinasi dengan tim di Wisma Atlet.

Komisi anti rasuah, menugaskan dua tim yang terdiri dari 12 personil pengawal tahanan KPK. Mereka juga dibantu anggota kepolisian.

Baca juga : Manjain Pengguna Mobil Listrik, PLN Tambah 4 Tempat Ngecas Di Tol Trans Jawa

“Bergantian setiap 8 jam sekali. Masing-masing ada dua orang pengawal tahanan yang menjaga,” beber Ali.

Rutan ini dihuni 24 tahanan. Dengan positifnya 19 tahanan, kini hanya tersisa 5 tahanan. “Sepi. Tapi nggak mau nemenin mereka kan? Ha ha ha,” kelakarnya.

Namun Ali memastikan, tahanan KPK di rutan lain seperti di rutan Pomdam Jaya Guntur dan rutan Gedung ACLC KPK Kavling C1, aman dari penyebaran Covid-19. Tak ada yang terpapar virus tersebut.  [JAR/DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.