Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Wujud Syukur, Airlangga Donorkan Plasma Darah Konvalesen

Senin, 18 Januari 2021 22:24 WIB
Wujud Syukur, Airlangga Donorkan Plasma Darah Konvalesen

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mendonorkan plasma darah konvalesen, sesaat sebelum acara peluncuran Gerakan Nasional Donor Plasma Konvalesen Covid-19 di Jakarta, Senin (18/1).

Donor plasma darah tersebut disaksikan Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla (JK).

JK mengatakan, inisiatif Airlangga mendonorkan plasma darahnya dilatarbelakangi oleh rasa syukur karena telah sembuh dari Covid. Namun tidak diketahui, kapan Airlangga terinfeksi penyakit tersebut.

Baca juga : Tuan Guru Bajang Luncurkan Buku Dakwah Nusantara

"Ini merupakan rasa syukur. Pak Airlangga hadir untuk menyumbangkan plasmanya sebagai tanda syukur bahwa dia telah sembuh; dan sebagai tanda syukur telah sembuh. Karena itu, dia menyumbangkan plasmanya kepada yang belum sembuh," kata JK dalam acara yang ditayangkan di kanal YouTube Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Senin (18/1).

Dalam sambutannya, Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, Gerakan Nasional Donor Plasma Konvalesen merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo.

"Gerakan ini merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden, yaitu perlunya mendorong dan memfasilitasi para penyintas atau mereka yang pernah terinfeksi Covid-19. Agar dengan sukarela mendonorkan plasma darahnya untuk kepentingan pengobatan bagi penderita Covid-19," kata Muhadjir.

Baca juga : Gercep, WIKA Bantu Korban Gempa Sulbar dan Banjir Kalsel

Plasma darah konvalesen adalah plasma darah yang berasal dari penyintas Covid-19, yang berguna untuk meningkatkan antibodi dan menurunkan jumlah virus di dalam tubuh pasien Covid.

Terapi tersebut merupakan konsep imunisasi pasif melalui donor plasma darah yang mengandung antibodi SARS-Cov-2kepada penderita Covid-19 dengan gejala berat dan kritis.

Penyintas Covid-19 dapat membantu sesama demi kemanusiaan, dengan mendonorkan plasma darah konvalesen kepada pasien Covid-19 yang masih berjuang untuk sembuh. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.