Dark/Light Mode

Kaki Terluka, Harimau Sumatera Berhasil Disembuhkan

Selasa, 26 Januari 2021 08:05 WIB
Tim BKSDA Aceh berhasil menyelamatkan Harimau Sumatera yang terluka kakinya akibat terkena jerat di Desa Aceh Tenggara.
Tim BKSDA Aceh berhasil menyelamatkan Harimau Sumatera yang terluka kakinya akibat terkena jerat di Desa Aceh Tenggara.

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berhasil menyelamatkan 1 Harimau Sumatera yang terkena jerat di wilayah Desa Gulo, Kecamatan Darul Hasanah, Kabupaten Aceh Tenggara. 

Harimau jantan yang diperkirakan berumur 1-1,5 tahun dengan berat 45-50 kg tersebut, terjerat kurang lebih 3 hari ini ditemukan dalam kondisi terluka pada kaki depan sebelah kanan akibat terkena jerat. 
.
Tim medis pun melakukan observasi kesehatan secara intensif guna pemulihan dan sampai menunjukan perkembangan kesehatan yang bagus, harimau ini akan lepasliarkan ke habitat alaminya. 

Baca juga : Diluncurkan Hari Ini, Gerakan Nasional Wakaf Uang

“Proses pelepasliaran Harimau Sumatera ini melibatkan berbagai pihak terutama pemerintah daerah untuk menjamin keselamatan harimau di habitat alamnya,” kata Kepala BKSDA Aceh, Agus Arianto dalam keterangan tertulisnya, Senin (25/1).

BKSDA Aceh mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama menjaga kelestarian, khususnya Harimau Sumatera dengan cara tidak merusak hutan yang merupakan habitat berbagai jenis satwa, serta tidak menangkap, melukai, membunuh, menyimpan, memiliki, memelihara, mengangkut, dan memperniagakan satwa yang dilindungi dalam keadaan hidup ataupun mati serta tidak memasang jerat /pagar jerat babi, racun, pagar listrik tegangan tinggi yang dapat menyebabkan kematian satwa liar dilindungi.

Baca juga : KPU Makassar Tetapkan Danny-Fatma Sebagai Kepala Daerah Tepilih

Pelaku dapat dikenakan sanksi pidana. Disamping itu, konflik satwa liar khususnya Harimau Sumatera dengan manusia, yang dapat berakibat kerugian secara ekonomi hingga korban jiwa, baik bagi manusia ataupun keberlangsungan hidup satwa liar tersebut.

“Kami mengapresiasi dukungan semua pihak, khususnya masyarakat Desa Gulo, Kecamatan Darul Hasanah, Kabupaten Aceh Tenggara, Kepolisian dan TNI yang sangat antusias membantu proses evakuasi dan mendukung untuk dilakukan pelepasliaran kembali Harimau Sumatera tersebut, ke kawasan hutan/habitatnya,”pungkasnya. [FIK]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.