Dark/Light Mode

Gercep Tangani Banjir, Menhub Apresiasi Kerja Sama Jateng Dan Kota Semarang

Minggu, 7 Februari 2021 20:47 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kedua kanan) bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kanan) saat mengecek banjir di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani,  Semarang, Minggu (7/2). (Foto: Pemprov Jateng)
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kedua kanan) bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kanan) saat mengecek banjir di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Semarang, Minggu (7/2). (Foto: Pemprov Jateng)

 Sebelumnya 
Dari bandara, Ganjar, Menhub dan Hevearita kemudian meninjau Stasiun Tawang. Di tempat itu, ketiganya ngobrol begitu serius dengan pihak terkait tentang penanganan banjir di Kota Semarang.

“Saya ke sini karena mendengar banjir yang melanda objek-objek vital. Maka saya ingin melihat secara langsung agar tindakan yang diambil nantinya bisa konkret,” ujar Menhub, Minggu (7/2).

Baca juga : Cek Dapur Umum Banjir, Ganjar Minta Jangan Ada Warga Kelaparan

Banjir dan rob di Semarang, lanjutnya akibat cuaca ekstrem dan rob yang tinggi. Kejadian ini dimungkinkan kembali terulang, sehingga harus ada upaya untuk menyelesaikannya.

“Di bandara kami minta Kementerian PUPR membangun dam (penampung air). Istilahnya itu Q100, yang bisa menahan banjir selama 100 tahun. Selain itu, pendangkalan sungai-sungai saya minta dikeruk dan pembuatan tanggul untuk rob juga sudah berjalan,” terangnya.

Baca juga : BKS-Ganjar Bahas Penanganan Banjir Di Bandara Ahmad Yani Semarang

Sementara itu, Gubernur Ganjar Pranowo menyampaikan terima kasih karena pemerintah pusat telah turun membantu penanganan banjir di Semarang.

Sejak kemarin, pihaknya sudah koordinasi dengan Kementerian PUPR, dan hari ini Menhub turun langsung, sehingga berbagai persoalan bisa disampaikan.

Baca juga : Rel Tergenang Banjir, Kereta Api yang Lewati Semarang Masih Dialihkan

“Kemarin Pak Basuki sudah ngecek, termasuk peran polder yang ada. Saya usulkan agar ditambah pompanya dan pak Basuki sepakat. Ini sedang proses, mudah-mudahan bisa lebih cepat,” katanya.

Termasuk penanganan di Bandara Ahmad Yani Semarang dan Stasiun Tawang. Menhub lanjut Ganjar sudah turun dan menyiapkan apa yang harus dilakukan. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.