Dark/Light Mode

Tol Cipali KM 122 Yang Amblas Ditutup Sementara Selama 1,5 Bulan

Rabu, 10 Februari 2021 09:44 WIB
Tol Cipali KM 122 amblas akibat longsor. (foto:pupr)
Tol Cipali KM 122 amblas akibat longsor. (foto:pupr)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian PUPR bersama Astra Tol Cipali, selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) sepakat menuntup jalan Tol Cipali KM 122 yang amblas akibat longsor selama 1,5 bulan. Sejumlah penanganan terus dilakukan guna mempercepat pemulihan kondisi jalan Tol Cipali. 

“Kami tengah memasang sheet pile di sisi median untuk proteksi lajur A (dari arah Jakarta menuju arah Semarang) dan juga untuk proteksi potensi gerakan di lokasi sliding. Di samping itu, untuk mengurangi beban lalu lintas, juga akan dibangun 2 lajur sementara di median (detour) sepanjang 200 meter dari KM 122+300 hingga KM 122+500 dengan waktu pengerjaan 10 hari,” ujar Direktur Jenderal Bina Marga, Hedy Rahadian saat meninjau lokasi kejadian, Selasa (9/2).

Baca juga : Ruas Tol Cipali KM 122 Amblas, Contra Flow Diberlakukan

Dengan pembangunan lajur sementara ini, Kementerian PUPR akan membuat akses (sodetan) sementara untuk menuju contraflow jalur A dalam waktu 3 hari. Sodetan ini ditargetkan selesai pada Jumat (12/2).

Sementara untuk penanganan permanen, lokasi jalan yang longsor akan ditutup selama 1,5 bulan untuk dilakukan perbaikan dengan menggunakan bore pile untuk menahan longsor.

Baca juga : Dua Kali Mangkir, Anak Raja Dangdut Rhoma Irama Diultimatum KPK

Hedy menambahkan, BUJT sudah menunjuk konsultan dan kontraktor. “Mereka sedang menyiapkan mobile office atau kontainer dan hari ini mulai persiapan detour dan mobilisasi alat serta sheet pile," ucapnya. 

Operator ini kata Hendy, akan segera melakukan pengerukan badan jalan untuk persiapan perbaikan dan pemasangan bore pile dan counter weight untuk pengamanan bidang gelincir yang memerlukan waktu penanganan sekitar 2-3 minggu.

Baca juga : Tekan Penyebaran Corona, Pemkab Klaten Tutup Sementara Semua Objek Wisata

“Saat ini, yang penting untuk dilakukan adalah pengamanan dan penanganan sementara agar lalu lintas tetap berjalan,” ujar Hendy. 

Direktur Operasi Astra Tol Cipali, Agung Prasetyo mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan kontraktor untuk melakukan perbaikan jalan sesuai arahan Kementerian PUPR. Di samping itu, ia menghimbau agar para pengguna jalan tetap berhati-hati, menaati rambu lalu lintas serta memastikan kendaraan dalam kondisi prima sebelum melakukan perjalanan melalui jalan tol. [FIK]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.