Dark/Light Mode

Sah, Presiden Lantik Gubernur Dan Wagub Sulut Dan Kaltara

Senin, 15 Februari 2021 11:10 WIB
Presiden Jokowi melantik Gubernur dan Wagub Kaltara dan Sulut, Senin (15/2) di Istana Negara, Jakarta. (Foto: Humas Setkab/Agung)
Presiden Jokowi melantik Gubernur dan Wagub Kaltara dan Sulut, Senin (15/2) di Istana Negara, Jakarta. (Foto: Humas Setkab/Agung)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi melantik Olly Dondokambey dan Steven OE Kandouw sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) dan Zainal Arifin Paliwang dan Yansen TP sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) masa jabatan 2021-2024 di Istana Negara, Jakarta, Senin (15/2)

Kedua pasangan Gubernur ini mengenakan baju dinas warna putih mengucapkan sumpah jabatan yang dengan dibimbing oleh Presiden Jokowi.

Baca juga : Besok, Presiden Jokowi Lantik Zainal-Yansen Sebagai Gubernur-Wagub Kalimantan Utara

"Demi Allah, saya berjanji bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur, sebagai wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh Undang-undang Dasar Negara dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa," ucap Presiden  mendiktekan sumpah jabatan. 

Sebelum mengucapkan sumpah, kedua pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut dan Kaltara ini terlebih dahulu menerima Surat Keputusan (SK) Presiden Nomor 21/P Tahun 2020 tanggal 9 Februari 2021 tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Masa Jabatan Tahun 2021—2024 di Istana Merdeka.

Baca juga : Gubernur Ganjar Dorong RT/RW Punya Tempat Isolasi Terpusat

Usai penyerahan petikan SK, Presiden, Wakil Presiden Maruf Amin, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian serta Olly Dondokambey, Steven OE Kandow beserta pasangan Gubernur-Wakil Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Zainal Arifin Paliwang-Yansen TP melakukan kirab sederhana bersama menuju Istana Negara bersama dengan paspampres dengan tetap menjaga jarak satu sama lain.

Pelantikan itu dihadiri oleh undangan terbatas sekitar 20 orang, termasuk Mendagri, Tito Karnavian, Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, Sekretaris Kabinet, Pramono Anung serta pejabat terkait lainnya.

Baca juga : Gubernur Sulteng Terpilih Bakal Libas Tambang Illegal

Setelah mengucapkan janji jabatan, pasangan Olly dan Steven dan  Arifin -Yansen TP melakukan foto bersama dan menerima ucapan selamat dari Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Maruf Amin dengan tetap menjaga jarak dan memakai masker. [FIK]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.