Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

KPU Provinsi Kaltara Tetapkan Paslon Gubernur-Wagub Terpilih

Jumat, 22 Januari 2021 06:00 WIB
Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara Terpilih, Zainal Arifin Paliwang-Yansen Tipa Padan. (Foto: Dok. Zainal Arifin Paliwang)
Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara Terpilih, Zainal Arifin Paliwang-Yansen Tipa Padan. (Foto: Dok. Zainal Arifin Paliwang)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Utara (Kaltara) menetapkan Zainal Arifin Paliwang-Yansen Tipa Padan, sebagai Gubernur-Wakil Gubernur terpilih periode 2021-2024. Ini dilakukan setelah tak ada gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK).

Pasangan calon (paslon) Gubernur-Wagub Kaltara terpilih nomor urut ini hadir langsung dalam acara penetapan pasangan calon (paslon) terpilih itu. Zainal mengenakan busana lengkap khas Bugis. Sedangkan Yansen menggunakan baju khas Dayak.

Selain itu, hadir pula Ketua Bawaslu Kaltara Suryani, Ketua DPRD Kaltara Norhayati Andris, Sekretaris Daerah (Sekda) Kaltara Suriansyah, serta perwakilan KPU kabupaten dan kota di Kaltara.

Baca juga : PLN Pasang Telepon Satelit Di Rumah Gubernur Sulbar

Acara ini dihelat di Grand Ballroom Hotel Pangeran Khar dan mendapatkan penjagaan ketat dari personel Polda Kaltara. Dua mobil taktis Water Cannon ditempatkan di area depan hotel untuk pengamanan.

Penetapan ini dilakukan setelah KPU Kaltara menerima Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) dari Mahkamah Konstitusi (MK) pada 20 Januari 2021. Berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor Nomor 5 Tahun 2020 disebutkan, dengan diterimanya surat dari KPU pusat mengenai BRPK dari MK, KPU Kaltara dapat melakukan penetapan paslon terpilih.

“Dengan ini kami tetapkan, pasangan nomor urut 3 Zainal Arifin Paliwang-Yansen Tipa Padan sebagai Gubernur-Wakil Gubernur Kalimantan Utara terpilih,” jelas Ketua KPU Kaltara, Suryanata Al Islami, kemarin.

Baca juga : LPDB-KUMKM Sukses Salurkan Dana Bergulir Rp 12 Triliun

Menurutnya, pelaksanaan Pilgub Kaltara pada 9 Desember tahun lalu, berjalan aman dan damai, sehingga layak menjadi teladan dalam berdemokrasi.

“Provinsi Kaltara layak menjadi teladan, untuk kedewasan demokrasi, karena semua pasangan calon menunjukan kedewasan dalam berpolitik,” puji Suryatna.

Pasangan Zainal Paliwang-Yansen Tipa Padan (Ziyap) memenangkan Pilgub Kaltara 2020, dengan raihan 145.778 suara. Paslon ini meraih kemenangan di tiga wilayah yakni Malinau, Bulungan dan Tarakan. [EDY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.