Dark/Light Mode

Kalau Nggak Mau Banjir Besar Kalsel Terulang Lagi

Jokowi: Pak Gub dan Pak Bupati, Rehabilitasi Lahan Itu Penting Sekali..

Kamis, 18 Februari 2021 11:42 WIB
Kalau Nggak Mau Banjir Besar Kalsel Terulang Lagi Jokowi: Pak Gub dan Pak Bupati, Rehabilitasi Lahan Itu Penting Sekali..

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi berharap, Bendungan Tapin di Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan yang diresmikannya pada hari ini, dapat terus menjaga peran pentingnya dalam pengendalian banjir di wilayah tersebut.

"Tadi, Pak Gubernur sudah sampaikan juga, Bendungan Tapin mampu menekan potensi banjir dengan sangat drastis sekali. Kecil sekali daerah yang terkena banjir," kata Jokowi dalam sambutan yang ditayangkan secara virtual lewat akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (17/2).

Baca juga : Ini Bandara Angkasa Pura I Yang Langganan Dapat Penghargaan Internasional

"Inilah fungsi bendungan. Tak hanya untuk mengairi sawah, menghasilkan listrik dan air baku, tetapi juga untuk mengendalikan banjir," imbuhnya.

Jokowi berpesan, masalah banjir membutuhkan penanganan yang komprehensif dari hulu sampai hilir. Karena itu, Jokowi meminta Pemerintah Provinsi atau Kabupaten/Kota tidak mengabaikan masalah tersebut.

Baca juga : Jokowi: Pola Penanganan TBC Bisa Sekalian Nebeng Covid

"Saya titip Pak Gub dan Pak Bupati,  intervensi terhadap rehabilitasi lahan itu sangat penting sekali. Penghutanan kembali, penanaman kembali di lahan-lahan yang terkait daerah aliran sungai (DAS) perlu dilakukan secara besar-besaran. Kalau kita tidak mau lagi terkena banjir di masa-masa yang akan datang," tutur mantan Gubernur DKI Jakarta itu. 

Dalam laporannya, Pj Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Safrizal ZA mengatakan, sebelum diresmikan, bendungan ini telah bekerja sangat efektif. Terutama, dalam mengendalikan banjir besar di Kalsel pada Januari lalu.

Baca juga : Atasi Banjir, KLHK Lakukan Rehabilitasi Hingga Sanksi Hukum

Dengan berfungsinya bendungan ini, Kabupaten Tapin menjadi salah satu wilayah di Kalsel yang paling kecil terdampak banjir tersebut. “Bendungan ini berhasil menahan banjir untuk Kabupaten Tapin. Sehingga, Kabupaten Tapin adalah salah satu kabupaten yang Kalsel yang paling kecil mendapat efek banjirnya,” ungkapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.