Dark/Light Mode

Kalau Nggak Mau Banjir Besar Kalsel Terulang Lagi

Jokowi: Pak Gub dan Pak Bupati, Rehabilitasi Lahan Itu Penting Sekali..

Kamis, 18 Februari 2021 11:42 WIB
Kalau Nggak Mau Banjir Besar Kalsel Terulang Lagi Jokowi: Pak Gub dan Pak Bupati, Rehabilitasi Lahan Itu Penting Sekali..

 Sebelumnya 
Bendungan Tapin yang dibangun 5 tahun lalu, menghabiskan anggaran Rp 986 miliar. Nyaris Rp 1 triliun. Bendungan berkapasitas 56,7 juta meter kubik ini, memiliki peran penting dalam pengendalian banjir. Serta mampu memperkuat ketahanan pangan, karena mampu mengairi 5.472 hektar sawah, menyediakan air baku 0,5 meter kubik per detik, dan menghasilkan listrik 3,3 Mega Watt. 

Saat terjadi musibah banjir besar yang melanda 10 kabupaten/kota di wilayah Kalimantan Selatan dan mengakibatkan 15 orang meninggal dunia, 24.379 rumah terendam banjir, dan 39.549 warga mengungsi pada Januari lalu, Bendungan Tapin memang terbukti efektif.

Baca juga : Ini Bandara Angkasa Pura I Yang Langganan Dapat Penghargaan Internasional

Dibanding wilayah lain yang terdampak seperti Kabupaten Banjar, Kota Banjar Baru, Kota Tanah Laut, Kota Banjarmasin, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Balangan, Kabupaten Tabalong, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, dan Kabupaten Batola, jumlah wilayah terdampak banjir di kabupaten yang dipimpin HM Arifin Arpan termasuk sedikit. 

Data Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) menyebut, ada 582 rumah yang terdampak banjir di Kabupaten Tapin dan 382 jiwa mengungsi. Tak ada korban jiwa di wilayah ini.

Baca juga : Jokowi: Pola Penanganan TBC Bisa Sekalian Nebeng Covid

Terparah, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, yang melaporkan 3 orang meninggal dunia, 11.200 jiwa mengungsi, dan 64.400 jiwa terdampak. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.