Dark/Light Mode

Berdayakan Masyarakat Marjinal

Wapres Ma`ruf Resmikan Sentra Kreasi Atensi Di Bekasi

Kamis, 18 Februari 2021 10:59 WIB
Wakil Presiden KH Maruf Amin. (Foto: Antara)
Wakil Presiden KH Maruf Amin. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Presiden Ma’ruf Amin meresmikan Sentra Kreasi Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) di Balai Karya Pangudi Luhur Bekasi, Jawa Barat, sebagai tempat pengembangan kewirausahaan dan vokasional bagi para pemulung dan tuna wisma.

"Ini merupakan bagian dari upaya terarah, terpadu dan berkelanjutan yang dilakukan pemerintah dalam memastikan pelayanan sosial dan memenuhi kebutuhan dasar setiap warga negara, termasuk yang marjinal atau terlantar," kata Wapres Ma’ruf dalam sambutannya di Bekasi, Kamis (18/2).

Baca juga : Wapres Ma'ruf Amin Serahkan Bantuan Untuk Korban Banjir Di Karawang

Kegiatan pemberdayaan bagi masyarakat marginal menjadi penting untuk dikembangkan, apalagi di tengah pandemik Covid-19 yang berdampak pada sektor perekonomian nasional, kata Wapres.

"Saya yakin Program Atensi bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, khususnya mereka yang terdampak Covid-19 secara sosial dan ekonomi dan umumnya untuk warga masyarakat yang termarjinal atau terlantar secara berkelanjutan," ungkap Wapres.

Baca juga : Masyarakat Baduy Harapkan Program Kemensos Terus Berjalan

Berbagai kegiatan bagi warga marjinal yang ada di Balai Karya Pangudi Luhur Bekasi antara lain pemberdayaan kuliner, pertanian hidroponik, penanaman porang, peternakan ayam petelur, agrowisata, pembuatan kerajinan tangan, pembuatan kompos dan daur ulang sampah non-organik.

Selain itu, ada pula pemberdayaan jasa layanan refleksi, salon dan konveksi. "Menurut laporan yang saya terima, program serupa dilaksanakan di lima kabupaten dan kota lainnya dengan target penerima manfaat sebanyak 9.000 orang," ungkapnya.

Baca juga : Vaksinasi Untuk Masyarakat Umum, Diprioritaskan Klaster Paling Berisiko

Dalam sambutannya, Menteri Sosial Tri Rismaharini dalam mengatakan pendirian Sentra Kreasi Atensi juga dibarengi dengan renovasi. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.