Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Juara 2 Menteri Terbaik

Sandi Kan Belum Ngerjain Apa-apa

Selasa, 23 Februari 2021 07:51 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (Foto: Istimewa)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Masa kerja Sandiaga Uno di kabinet baru genap dua bulan. Namun, dia sudah membuat banyak publik kepincut. Berdasarkan hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI), Sandi difavoritkan sebagai menteri terbaik kedua setelah Prabowo Subianto. Kok bisa ya? Padahal, kan Sandi belum ngerjain apa-apa.

Sandi dilantik sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, 23 Desember 2020. Sejak dilantik, Sandi banyak blusukan ke daerah-daerah untuk mengecek daerah wisata yang terdampak Corona. Sandi juga pernah ngantor di Bali selama beberapa hari. Langkah Sandi ini mendapat respons positif dari masyarakat.

Dalam survei LSI yang dirilis kemarin, yang puas dengan kinerja Sandi mencapai 69 persen. Rinciannya, sangat pusa 8 persen dan cukup puas 61 persen. Dengan hasil ini, Sandi ada di peringkat dua di bawah Prabowo yang memiliki tingkat kepuasan sampai 75 persen. Rinciannya, 13 persen sangat puas dan 62 persen cukup puas. 

Baca juga : Pulihkan Perekonomian, Menteri BUMN Gandeng Singapura

"Yang tingkat kepuasannya paling tinggi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, disusul Menteri Pariwisata Sandiaga Uno," kata Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan, dalam rilis survei secara daring, kemarin.

Ranking Sandi mengalahkan para menteri senior. Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menko Polhukam Mahfud MD hanya bertengger di posisi ke 3, 5, dan 6. Untuk posisi keempat ada Menteri Sosial Tri Rismaharini. 

Djayadi menjelaskan, nama populer cenderung mendapatkan tingkat kepuasan lebih tinggi. Menteri-menteri itu memiliki tingkat dibicarakan di media atau tempat pembicaraan lain yang tinggi. "Kalau kita lihat, di sini memang tampaknya nama-nama yang jauh lebih dikenal masyarakat cenderung memperoleh tingkat kepuasan yang lebih tinggi dalam kinerjanya," ungkap jebolan UIN Jakarta itu.

Baca juga : Hadiri Rapim TNI, Menhan Prabowo Tekankan Persatuan Sampai Bela Negara

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Kawendra Lukistian bersyukur, dua kader terbaik Gerindra di pemerintahan mendapat respons positif dari masyarakat. "Tentu kita mengapresiasi hasil survei yang ada, dan rasa syukur pada yang kuasa," kata Kawe, saat dimintai tanggapan Rakyat Merdeka, kemarin.

Dia menyimpulkan, kinerja Prabowo dan Sandi diterima masyarakat dengan tangan terbuka. "Artinya, kader-kader terbaik kami di Gerindra dapat mengoptimalkan perannya, sehingga mendapat apresiasi dari masyarakat melalui survei tersebut," ujarnya. 

Kawe percaya, respons positif masyarakat tidak semata-mata karena Prabowo dan Sandi sangat populer. “Melainkan kinerja dan kerja nyata," tandas Ketua Umum Gerakan Kreativitas Nasional (GeKrafS) yang juga dikenal banyak bekerja sama dengan Sandi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.