Dark/Light Mode

Lebih Cepat Dan Hemat Biaya Operasional

Jokowi Resmikan Kereta Ramah Lingkungan KRL Yogya-Solo

Senin, 1 Maret 2021 12:43 WIB
Presiden Jokowi menekan tombol sirine dalam peresmian KRL Yogyakarta-Solo di Stasiun Tugu Yogyakarta, Senin (1/3). (Foto: BPMI/Agus Suparto)
Presiden Jokowi menekan tombol sirine dalam peresmian KRL Yogyakarta-Solo di Stasiun Tugu Yogyakarta, Senin (1/3). (Foto: BPMI/Agus Suparto)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari ini, Presiden Jokowi mengoperasikan kereta rel listrik (KRL) lintas Yogyakarta-Solo di Stasiun Tugu, Yogyakarta. Bersama Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

KRL tersebut menggantikan Kereta Api Prambanan Ekspress (Prameks), yang berhenti beroperasi sejak 10 Februari 2021, setelah 27 tahun beroperasi.

Baca juga : Jokowi: Tahun Kerbau Penuh Kekuatan Besar

"Alhamdulillah, pagi hari ini kita resmikan dan operasikan KRL Yogyakarta-Solo yang telah siap. Ini adalah transportasi massal yang ramah lingkungan," ujar Jokowi dalam sambutan yang ditayangkan secara live streaming via kanal YouTube Sekretariat Presiden Senin (1/3).

"Dengan mengucap bismillahirahmannirohim, hari ini saya resmikan operasi KRL lintas Yogyakarta-Solo,” imbuhnya.

Baca juga : Hari Ini, Jokowi Resmikan Bendungan Tukul Di Pacitan

Waktu tempuh KRL ini lebih cepat 10 menit dibanding pendahulunya. Biaya operasionalnya pun jauh lebih hemat.

"Yang sebelumnya 640, yang sekarang 290. Ini sebuah efisiensi yang sangat bagus sekali. Terpenting, KRL ini ramah lingkungan. Ke depannya, semua moda transportasi di negara kita harus ramah lingkungan, menggunakan tenaga listrik," papar Jokowi.

Baca juga : Presiden Jokowi Targetkan 1 Juta Vakisinasi Per Hari

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga berharap, KRL Yogyakarta-Solo ini mampu meningkatkan mobilitas orang dan barang, serta meningkatkan pariwisata dan ekonomi. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.