Dark/Light Mode

Menkes Budi Gunadi : Stok Vaksin Jadi Tantangan Terbesar

Jumat, 5 Maret 2021 11:59 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin di acara dialog bertema Digitalisasi Percepatan Vaksinasi yang diselenggarakan KPCPEN-FMB9 yang digelar virtual, Kamis (4/3). (Foto: Istimewa)
Menkes Budi Gunadi Sadikin di acara dialog bertema Digitalisasi Percepatan Vaksinasi yang diselenggarakan KPCPEN-FMB9 yang digelar virtual, Kamis (4/3). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan apa yang menjadi kendala paling besar dalam proses vaksinasi adalah stok dari vaksin itu sendiri.

Budi mengatakan terkait dengan ketersediaan vaksin hingga Juni 2021 mendatang,  jumlah vaksin yang akan tersedia di Indonesia sekitar 90 juta dosis vaksin dari total kebutuhan vaksin 362 juta dosis vaksin untuk 181 juta rakyat Indonesia.

Baca juga : 87 Lansia Gagal Dapat Vaksin Di RSUD Tanjung Priok

"Dengan jumlah yang ada, pada 6 bulan pertama ini, vaksinasi diprioritaskan bagi 45 juta orang atau sekitar 20-25 persen. Pada semester kedua nanti jumlah sasaran diperkirakan mencapai 140 juta orang," ungkap Menkes di acara dialog bertema Digitalisasi Percepatan Vaksinasi yang diselenggarakan KPCPEN-FMB9 yang digelar virtual, Kamis (4/3).

Pemerintah sendiri menargetkan 181,5 juta penduduk Indonesia akan mendapatkan vaksin Covid-19. Proses penyuntikan telah dimulai sejak 13 Januari 2021 lalu dan ditargetkan rampung dalam waktu satu tahun.

Baca juga : Pengusaha: Vaksinasi Jadi Semangat Bangkitkan Perekonomian Nasional

"Program vaksinasi ini tidak bisa kita lakukan sendiri, harus bersama-sama dengan semua elemen bangsa," pungkasnya.[NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.