Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pengusaha: Vaksinasi Jadi Semangat Bangkitkan Perekonomian Nasional

Kamis, 4 Maret 2021 20:26 WIB
Ketua Umum Forum Komunikasi Asosiasi  (Forkas) Pengusaha Jawa Timur (Jatim) Eddy Widjanarko. (Foto: Ist)
Ketua Umum Forum Komunikasi Asosiasi  (Forkas) Pengusaha Jawa Timur (Jatim) Eddy Widjanarko. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Forum Komunikasi Asosiasi  (Forkas) Pengusaha Jawa Timur (Jatim) Eddy Widjanarko mengatakan, pertumbuhan ekonomi di Jatim mengalami penurunan yang signifikan yakni mencapai 20-30 persen selama pandemi Covid-19.

Penyebabnya, dari mulai adanya penundaan kontrak dan pembatalan pesanan, penurunan produksi dan penjualan, penyusutan permintaan, serta pengurangan tenaga kerja akibat penurunan kapasitas produksi.

Baca juga : UU ITE Diharapkan Jadi Payung Hukum Bagi Insan Pers

Tak hanya itu, adanya peraturan protokol kesehatan seperti Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dilanjutkan dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat produktivitas industri termasuk pabrikan mengalami penurunan hingga 50 persen.

"Itu menjadi kendala untuk bagaimana kita bisa meningkatkan utilitas dari pabrikan kita," kata Eddy dalam webinar bertajuk Mewujudkan Iklim Perekonomian yang Sehat di Tengah Pandemi Covid-19, Kamis (4/3).

Baca juga : Perusahaan Harus Optimalkan Pencegahan Kecelakaan Kerja

Kendati demikian, Eddy mengungkapkan, setahun terakhir industri di Jatim telah berhasil melewati fase sulit. Sebab, Forkas bersama pemerintah bertekad memacu kinerja sektor industri agar tetap menjadi penggerak roda perekonomian tanpa mengabaikan protokol kesehatan.

Tak hanya itu, program vaksinasi Covid-19 dari pemerintah diharapkan menjadi penyemangat para pengusaha dan pekerja untuk berproduksi kembali sehingga dapat mempercepat proses kebangkitan ekonomi dan industri di Jawa Timur.

Baca juga : Vaksin Gotong Royong Banjir Peminat

"Vaksin adalah semangat untuk pengusaha dan karyawan agar bangkit kembali. Dan ini mungkin saatnya kita bisa meningkatkan produksi kita, meningkatkan ekonomi. Itulah harapan yang saya kira, bukan harapan tapi semua keinginan baik dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, dari kami pengusaha mengharapkan yang sama," pungkas Eddy. [EDY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.