Dark/Light Mode

Semenit Saja Lengah, Bisa Tertular Corona

Kita Bukan Superman Yang Nggak Bisa Tertular Virus

Kamis, 18 Maret 2021 05:10 WIB
Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19
Doni Monardo (Foto: Setkab.Go.id)
Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo (Foto: Setkab.Go.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo meminta masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan (prokes) untuk mencegah potensi terpapar Covid-19. Pasalnya, tak butuh waktu lama untuk tertular virus itu

Doni mengaku sangat disiplin menjalankan prokes. Saking disiplinnya, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) itu menggunakan masker saat tidur. Termasuk, saat dia menginap di kediaman Gubernur Sulawesi Barat.

Meski begitu, Doni masih terpapar Covid-19. Dia sempat dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan tes swab Polymerase Chain Reaction (PCR) yang dilakukannya pada Jumat (22/1). Dia merasa tertular virus itu saat makan bersama, di mana dia melepas masker.

Doni baru dinyatakan sembuh setelah hampir tiga pekan berdasarkan tes PCR yang dilakukan pada Jumat (12/2).

Baca juga : Antisipasi Panen Raya, Mentan Optimalkan Peran Kostraling Amankan Stok Dan Harga Beras

“Jadi, jangankan cuma satu jam, satu menit saja kita lengah bisa terpapar Covid,” ujar Doni, mengingatkan.

Menurutnya, kepatuhan terhadap prokes tidak boleh kendor meski sudah mengikuti vaksinasi. Sebab, peluang terpapar Covid-19 masih terbuka lebar.

Karena itu, kampanye tentang perubahan perilaku yang dijalankan pemerintah harus terus berjalan demi menciptakan disiplin masyarakat dalam menerapkan prokes.

Doni mengungkapkan, masih ada 17 persen warga Indonesia yang tidak percaya dan menganggap Covid-19 sebagai rekayasa dan konspirasi.

Baca juga : Mentan Lepas Ekspor Perdana Produk Olahan Unggas ke Qatar

“Ini kewajiban kita semua untuk melakukan berbagai langkah agar masyarakat sadar bahwa Covid ini sangat mematikan. Covid ini sangat berbahaya,” tegasnya.

Terpisah, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, meski seseorang sudah mendapat vaksin, bukan berarti tak bisa tertular atau menularkan Covid-19 kepada orang lain.

“Kita tidak bisa tiba-tiba menjadi Superman, yang semua virus tidak bisa mendatangi kita, termasuk Covid-19,” ujar Budi saat mendampingi Wapres Ma’ruf Amin menjalani vaksinasi Covid-19 dosis kedua di rumah dinas Wapres, kemarin.

Budi meminta masyarakat tak langsung jalan-jalan tanpa masker setelah disuntik. Kekebalan optimal dari antibodi muncul pada hari ke-28 sesudah suntikan kedua.

Baca juga : Jokowi Bukan Kacang Yang Lupa Sama Kulit

Seseorang juga tetap bisa tertular Corona meski sudah divaksin. Vaksin hanya bisa membuat seseorang terhindar dari keparahan jika terpapar virus tersebut.

“Karena kita antibodinya sudah baik, kalaupun (virus) bisa masuk, pemulihannya cepat. Tapi masih bisa kena? Masih,” tutur eks Direktur Utama PT Inalum itu. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.