Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Setelah Vaksin Corona Tiba

Rakyat Senang Dan Bergairah

Selasa, 8 Desember 2020 05:00 WIB
1,2  juta  dosis  Vaksin  Covid-19  buatan Sinovac,  China,  tiba  di  Kantor  Pusat  Bio  Farma, bandung,  Jawa  barat,  kemarin.  Vaksin  tersebut  disimpan  dalam  ruangan  pendingin  dengan  suhu  2-8  derajat  celcius, selanjutnya  akan  dilakukan  pengambilan  sampel  untuk  pengujian  mutu  oleh  tim  dari  badan  Pengawas  Obat  dan makanan (BPOM) dan  Bio Farma. (Foto : ANTARA FOTO)
1,2 juta dosis Vaksin Covid-19 buatan Sinovac, China, tiba di Kantor Pusat Bio Farma, bandung, Jawa barat, kemarin. Vaksin tersebut disimpan dalam ruangan pendingin dengan suhu 2-8 derajat celcius, selanjutnya akan dilakukan pengambilan sampel untuk pengujian mutu oleh tim dari badan Pengawas Obat dan makanan (BPOM) dan Bio Farma. (Foto : ANTARA FOTO)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedatangan 1,2 juta vaksin Corona di Tanah Air membawa harapan besar bagi semua kalangan. rakyat yang mulai jenuh 9 bulan hidup dalam pandemi, kini senang dan bergairah. hanya tinggal tunggu waktu, vaksin bisa segera disuntikkan.

Vaksin buatan Sinovac, perusahaan asal China ini, mendarat di Bandara Soekarno hatta, Minggu (6/12) malam. Dijemput de ngan pesawat garuda indonesia menggunakan kargo khusus bertuliskan envirotainer. Ada 7 Envirotainer yang tiba.

Pendaratannya disiarkan secara live di kanal YouTube Sekretariat Presiden. Presiden Jokowi senyum-senyum ketika mengumumkannya. “Saya ingin menyampaikan satu kabar baik. Satu kabar baik,” ucap Jokowi sumringah, Minggu (6/12) malam.

Kepala Negara bilang, vaksin Sinovac ini adalah vaksin yang diuji secara klinis di Bandung sejak Agustus 2020. Pengiriman selanjutnya akan tiba 1,8 juta dosis vaksin lagi di awal Januari.

Baca juga : Vaksin Covid Buat Rakyat Mestinya Digratiskan Dong

Selain dalam bentuk jadi, vaksin ini dikirim juga dalam bentuk bahan baku. Setelah tiba, nantinya akan diproses oleh Bio Farma. Masing-masing 15 juta dosis dikirim bulan ini, dan 30 juta dosis bulan depan.

Vaksin kini disimpan di cool room bersuhu 2-8 derajat celcius di kantor pusat Bio Farma, Kota Bandung, Jawa Barat. Setelah menempuh sekitar 3 jam perjalanan dari bandara menggunakan 3 truk. Dengan pengawalan ketat aparat keamanan.

Kapan bisa disuntikkan? Jokowi bilang, saat ini pemerintah masih menunggu izin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) keluar terlebih dahulu. Juga label halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“Kita ingin keselamatan, keamanan masyarakat itu harus betul-betul diberikan tempat yang paling tinggi,” tegas eks Gubernur DKI Jakarta ini.

Baca juga : Vaksin Datang, Airlangga: Keselamatan Rakyat Prioritas Utama Penanganan Covid-19

Di dunia maya, kegembiraan diluapkan warganet menyambut kedatangan vaksin Corona ini. “Semoga covid-19 segera dapat teratasi... Amiin,” ujar akun @BambangNoeryan3.

“Akhirnya yang ditunggu datang juga, vaksin telah tiba hatku gembira,” cuit @DirgaWou. “Vaksin telah tiba... Vaksin telah tiba... Hatiku Gembira..,” timpal @Kebaika2Penebar.

Akun @BigasHansen mengaku kehadiran vaksin itu bikin dia punya harapan baru akan masa depan Indonesia agar kembali normal seperti sediakala. “Kabar baik, kabar gembira untuk kita semua,” katanya. Tak hanya warga, kedatangan vaksin juga disambut positif oleh pasar saham. Di dalam negeri, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan awal pekan, kemarin, dibuka melompat 0,75 persen ke level 5.854,30. Lalu ditutup menguat hingga 2,07 persen. Menembus level 5.900. Hampir 6.000. Padahal di awal pekan sebelumnya, Senin (30/11), IHSG sempat anjlok ke level 5.612.

Ekonom Bank Permata Josua Pardede tidak dapat menyangkal, bahwa positifnya respons pasar keuangan kemarin tidak terlepas dari pengaruh tibanya Vaksin Corona di Tanah Air.

Baca juga : Alhamdulillah, Vaksin Corona Sudah Tiba

“Vaksin yang masuk semalam memberikan optimisme. Karena ini (vaksin) prasyarat penting. Jika ini berjalan, aktivitas ekonomi akan kembali normal,” kata Josua kepada Rakyat Merdeka, tadi malam.

Tak cuma IHSG, pasar obligasi kemarin juga memberikan sinyal positif. Dia berkeyakinan, aktivitas ekonomi akan berangsur-angsur membaik seiring teratasinya pandemi. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.