Dark/Light Mode

Kemenkeu Siapkan Rp 26 Triliun Buat Koneksi Internet

Di Era Digital, SDM Kudu Siap, Jangan Mau Didikte

Selasa, 6 April 2021 05:15 WIB
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati tegaskan dukungan APBN pada transformasi digital di Indonesia, dalam pembukaan Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) yang diselenggarakan secara virtual pada Senin (05/04). (Foto : Dok. Kementerian Keuangan).
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati tegaskan dukungan APBN pada transformasi digital di Indonesia, dalam pembukaan Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) yang diselenggarakan secara virtual pada Senin (05/04). (Foto : Dok. Kementerian Keuangan).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyediakan anggaran Rp 26 triliun untuk memperluas jangkauan jaringan internet ke seluruh daerah di Indonesia. Anggaran ini untuk memanfaatkan transformasi digital yang sedang dilakukan pemerintah.

Dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2021, pemerintah menyedia­kan belanja Kementerian/Lem­baga (K/L) Rp 17 triliun untuk meningkatkan koneksi internet. Selain itu, pemerintah memberi­kan Transfer Ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) untuk program tersebut sebesar Rp 9 triliun.

Baca juga : Mas Menteri Bakal Bentuk Satgas Anti Pembajakan Film

“Belanja sekitar Rp 26 triliun untuk Kementerian/Lembaga dan TKDD merupakan bagian dari rencana 5 tahun menjang­kau seluruh daerah di Indonesia terkoneksi internet,” ujar Menkeu Sri Mulyani dalam pembukaan Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) secara virtual, pada Senin (05/04).

Tidak hanya infrastruktur, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini juga mengatakan pemerintah akan mendorong pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang digital melalui berbagai program, seperti pen­didikan vokasi dan lainnya.

Baca juga : Ditjen Binwasnaker Siapkan Rumusan Khusus Tenaga Kerja Hadapi Era Digital

“Kita masuk era digital, kalau manusianya nggak siap maka kita didikte oleh sekelompok kecil atau daerah lain di luar Indonesia. Jadi, persiapan untuk SDM melalui pendidikan dan vokasi menjadi penting,” tegas Sri Mulyani.

Di acara yang sama, Menteri Koordinator Bidang Perekono­mian Airlangga Hartarto menga­takan, pemerintah terus mengem­bangkan konsep ekonomi digital di Indonesia.

Baca juga : Mendag Siapkan Jurus Ini Buat Tekan Harga Daging Sapi

Pengembangan ekonomi digital ini untuk mewujudkan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif dengan mengoptimalkan sektor digital.

Menurut Airlangga, dengan pengembangan ini pemerintah menginginkan adanya perce­patan implementasi transaksi elektronik di setiap daerah.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.