Dark/Light Mode

Sandiaga Klaim Ratusan Ribu Pekerja Parekraf Bali Sudah Divaksin

Kamis, 8 April 2021 20:21 WIB
Sandiaga Klaim Ratusan Ribu Pekerja Parekraf Bali Sudah Divaksin

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menuturkan, ratusan ribu pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) di Bali sudah disuntik vaksin Covid-19.

Dia mengaku bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan terus berupaya untuk memberikan hak kepada para pelaku parekraf, untuk mendapatkan vaksin sebagai bentuk dukungan terhadap pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Baca Juga : Duh, Rasio Buku Di Indonesia Baru 0,098

"Kami berharap para pelaku parekraf bisa divaksin sebelum Juni 2021. Di Bali misalnya hingga 7 April total sudah 163.901 pelaku parekraf yang divaksin," ungkapnya dalam keterangannya, Kamis (8/4).

Menurutnya, sama penting dengan vaksinasi, para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif juga diminta harus tetap menerapkan protokol kesehatan yaitu cleanliness, health, safety, and environmental sustainability (CHSE).

Baca Juga : Booming Hidroponik di Masa Pandemi, EWINDO Kembangkan Sejumlah Varietas

Selain itu, untuk mempercepat pemulihan sektor parekraf, saat ini sudah ada 5.863 usaha pariwisata tersertifikasi CHSE dari 34 provinsi dan 357 kabupaten/kota.

Sandiaga menjanjikan membantu pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif terkait sertifikasi CHSE sehingga kepercayaan masyarakat saat pergi wisata di tengah pandemi kembali tinggi.

Baca Juga : Besok, Bandara I Gusti Ngurah Rai Mulai Terapkan Layanan GeNose

"Dengan kerja sama yang baik antarberbagai pihak, pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia dapat berjalan lebih cepat. Misal di Bali sudah ada 976 usaha pariwisata yang mendapat sertifikasi CHSE," kata mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

Sebanyak 976 sertifikasi CHSE terdiri dari 528 hotel, 178 restoran, 215 akomodasi pariwisata, 1 operator rafting, 11 operator selam, dan 2 pengelola lapangan golf. [EFI]