Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pemerintah Tetapkan Besok 1 Ramadan

Mahfud MD: Ibadah Khusyuk Dengan Protokol Kesehatan

Senin, 12 April 2021 20:55 WIB
Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Prof. Mohammad Mahfud MD. (Foto: Ist)
Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Prof. Mohammad Mahfud MD. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Prof. Mohammad Mahfud MD mengucapkan selamat menjalankan ibadah Puasa bagi umat Islam yang akan mulai berpuasa besok.

"Selamat menyambut dan melaksanakan ibadah puasa Ramadan," kata Mahfud MD dalam kicauan melalui akun Twitter-nya @mohmahfudmd, Senin (12/4).

Mahfud merasa, bulan Ramadan terlalu cepat datang dan pergi. Bahkan Ramadan tahun lalu masih belum hilang dari ingatan.

Baca juga : Pemerintah Tetapkan Awal Ramadan Selasa Besok

"Akhir Ramadan tahun lalu kita berdoa, Ya Allah, sampaikanlah umur hamba ke Ramadan tahun depan. Kini kita sudah memasuki Ramadhan lagi," ujar mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini.

Namun, Menteri Pertahanan era Presiden KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur itu berharap, pada momentum bulan suci Ramadan tahun ini, dirinya dan seluruh umat Islam bisa beribadah secara maksimal dan memperbanyak amaliyah yang baik.

Meski begitu, Mahfud MD mengimbau seluruh masyarakat saat beribadah selama Ramadan seperti sholat tarawih, dan amaliyah lainnya, tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Baca juga : PBNU: Tarawih Bersama Di Zona Kuning Dan Hijau Dengan Protokol Kesehatan Ketat

"Semoga kita bisa mengisi Ramadhan ini dengan upaya maksimal untuk beribadah dengan khusyuk, dengan tetap menjaga protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19" pungkasnya.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan, berdasarkan sidang isbat yang digelar, ditemukan ada 13 orang petugas ruqyatul hilal yang mengaku telah melihat hilal. Oleh karena itu, pemerintah memutuskan 1 Ramadan 1442 Hijriah jatuh pada Selasa (13/4) besok.

"Keputusan sidang isbat tanpa ada perbedaan, kami tetapkan 1 Ramadan 1442 H jatuh pada tanggal 13 April 2021, atau selasa besok pagi," kata Gus Menteri Yaqut itu, Senin (12/4).

Baca juga : Pemerintah Bolehkan Shalat Tarawih Di Masjid Dengan Prokes Ketat, Partai Gelora Kasih Jempol

Gus Menteri mempersilakan seluruh umat Islam di Indonesia untuk bisa memulai seluruh rangkaian ibadah Ramadan, mulai dari salat tarawih mulai malam ini juga.

"Malam ini kita bisa mulai salat tarawih dan besok kita bisa makan sahur dan setelah solat subuh kita bisa mulai berpuasa," ungkapnya. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.