Dark/Light Mode

Sambil Nunggu Ekonomi Pulih, Kepala Daerah Kudu Genjot Padat Karya

Kamis, 15 April 2021 12:36 WIB
Presiden Jokowi (Foto: Istimewa)
Presiden Jokowi (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi meminta kepala daerah, agar dapat menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat kelas bawah, sambil menunggu ekonomi pulih sepenuhnya.

Inisiatif itu harus diambil, mengingat banyaknya korban PHK lantaran berhentinya kegiatan produksi pabrik di masa pandemi.

Baca juga : Kasus Nurdin Abdullah, KPK Geledah Rumah Bos PT Purnama Karya Nugraha

"Memperbaiki jalan, itu padat karya. Membangun irigasi dan sekolah, juga padat karya. Ini akan menggerakkan ekonomi daerah dan memberikan lapangan pekejaan bagi masyarakat," ujar Jokowi dalam Rapat Koordinasi Kepala Daerah Tahun 2021, Rabu (14/4).

Jokowi juga mengingatkan kepala daerah agar segera mengeksekusi belanja dan bantuan sosial untuk rakyat. Untuk meringankan beban penderitaan rakyat. Titik-titik yang belum tersentuh bantuan sosial dari pusat, harus mendapat perhatian.

Baca juga : Kalau Mau Raih Kepercayaan Masyarakat, Kepala Daerah Kudu Benahi 8 Area Tata Kelola Pemda

"UMKM juga harus dibantu. Baik itu permodalan, produksi atau pemasarannya.Karena ini akan menggairahkan ekonomi daerah," tutur Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga meminta kepala daerah untuk memberikan dukungan dan pelayanan penuh terhadap kegiatan investasi baru. Apalagi, saat ini sudah ada UU Cipta Kerja. "Implementasinya di daerah, harus didukung penuh," tegas Jokowi. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.