Dark/Light Mode

Presiden Jokowi Dan Ibu Iriana Shalat Id Di Istana Kepresidenan Bogor

Kamis, 13 Mei 2021 08:33 WIB
Presiden Jokowi (tengah) shalat Id di Komplek Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (13/5). (Foto: Setkab)
Presiden Jokowi (tengah) shalat Id di Komplek Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (13/5). (Foto: Setkab)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi, melaksanakan Salat Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah di halaman Gedung Induk Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (13/5) pagi.

Tiba sekitar pukul 06.16 WIB, Presiden yang mengenakan baju putih lengan panjang dipadukan dengan sarung bermotif batik dan peci berwarna hitam langsung menempati shaf depan.

Sementara Ibu Iriana yang mengenakan mukena berwarna coklat muda langsung menuju tempat yang telah disediakan. Tepat pukul 06.36 WIB, shalat Idul Fitri dimulai.

Baca juga : Jokowi Shalat Id Di Istana Bogor, Jumlah Jemaah Terbatas

Bertindak selaku imam shalat Idulfitri adalah Serda Ridwan Payopo yang dalam kesehariannya bertugas sebagai anggota Tim Pampri Den 1 Grup A Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres).

Dalam khotbahnya, Serda Payopo mengatakan  menjalankan amalan serta ibadah di rumah dan menerima keadaan dengan adanya wabah seperti saat ini, merupakan salah satu ujian yang diberikan Allah SWT.

 “Kita harus bersabar menerima kenyataan ini, karena pada dasarnya, apa yang kita lakukan tidak lain yakni dalam rangka menaati Allah, Rasulullah, para ulama, dan pihak berwenang yang pada intinya bertujuan untuk menyelamatkan umat manusia dari ancaman wabah suatu penyakit,” ucap Serda Payopo.

Baca juga : Antisipasi Covid-19, Menag Akan Takbiran Dan Shalat Id Di Rumah Saja

Terkait pandemi Covid yang masih berlanjut pada Ramadan dan Idul Fitri kali ini, Serda Payopo berharap, bulan Ramadan kali ini dapat menjadikan kita semua lebih baik dari sebelumnya.

"Oleh sebab itu, di tengah tantangan lebih berat ini kita selalu istiqamah dengan mempertahankan rutinitas ibadah yang kita lakukan di bulan Ramadan,” sambung Serda Payopo.

Shalat Idul Fitri kali ini dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat, dengan melakukan pemeriksaan suhu tubuh dan menjaga jarak antarjemaah.

Baca juga : Masih Pandemi, Kang Emil Pilih Shalat Ied Di Masjid Rumah Dinas

Shalat Idul Fitri ini juga diikuti Komandan Paspampres Mayjen TNI Agus Subiyanto, Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden Erlin Suastini, Komandan Grup A Paspampres Kolonel Inf. Anan Nurakhman, Asisten Ajudan Presiden AKP Syarif Muhammad Fitriansyah, dan Pengawal Pribadi Presiden Lettu Inf. Windra Sanur. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.