Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Cegah Penumpang Numpuk, Doni Monardo Minta Seluruh Dermaga Pelabuhan Bakauheni Dibuka

Minggu, 16 Mei 2021 20:15 WIB
Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo. (Foto: BNPB)
Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo. (Foto: BNPB)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ratusan ribu masyarakat dari berbagai wilayah Sumatera diprediksi bakal memadati pelabuhan Bakauheni Lampung, mulai Senin (17/5).

Mengantisipasi penumpukan penumpang, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 meminta pihak pelabuhan membuka seluruh dermaganya.

"Untuk dermaga diminta semuanya beroperasi full sebanyak tujuh dermaga. Artinya, semua dermaga akan beroperasi untuk menghindari penumpukan," ujar Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Doni Monardo, dalam keterangan pers, Minggu (16/5).

Baca juga : Tinjau Bakauheni, Doni Monardo Antisipasi Lonjakan dan Transmisi Covid

Menurut Doni, permintaan itu bakal dipenuhi PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP). Selain dermaga, Doni juga meminta semua armada ferry di Bakauheni dioperasikan.

Mantan Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus itu bilang, para pengusaha kapal ferry swasta yang telah bersedia untuk mengerahkan semua armada ferry-nya untuk stand by jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Ada 69 ferry yang siap beroperasi.

Satu unit ferry berkapasitas maksimal 1.000 penumpang. Sementara berdasarkan laporan ASDP, sejak 22 April hingga 15 Mei 2021 ada 440.012 orang yang menyeberang dari Jawa ke Sumatera. Artinya, akan ada lebih dari 400 perjalanan penyeberangan dengan 69 unit ferry lewat tujuh dermaga yang tersedia.

Baca juga : Hamas Minta Seluruh Warga Palestina Angkat Senjata

Selain itu, Doni juga memberikan saran agar waktu tugas seluruh sumber daya yang ada dapat dibagi menjadi tiga shift. Hal ini perlu dilakukan agar kondisi fisik dan mental dapat terjaga.

"Berhubung kondisi arus balik akan berlangsung dalam putaran waktu 24 jam sehari, maka petugas harus diatur tiga shift agar senantiasa fresh," saran Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) itu.

Dia juga mengingatkan petugas lapangan untuk mengintensifkan perhatian terhadap titik-titik krusial. Baik yang ada di Merak-Bakauheni, Ketapang-Gilimanuk, maupun di bandara-bandara yang padat arus mudik dan arus.

Baca juga : Kasus Corona Sumatera Meningkat, Arus Balik di Pelabuhan Bakaheuni Diperketat

Secara keseluruhan, dari hasil pantauannya di pelabuhan Bakauheni Lampung, Doni memastikan seluruh aparat sudah siap mengantisipasi arus mudik di pelabuhan Bakauheni yang merupakan gerbang penghubung Sumatera dengan Jawa.

"Alhamdulillah dalam kunjungan ke Bakauheni kami sudah menyaksikan langsung bahwa seluruh instansi dari pusat dan juga daerah telah melakukan kolaborasi didukung oleh TNI dan Polri," tandas Doni. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.