Dark/Light Mode

Vaksinasi Digenjot Lagi, Lansia Diprioritaskan

Senin, 17 Mei 2021 21:01 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin (Foto: Setpres)
Menkes Budi Gunadi Sadikin (Foto: Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (BGS) mengatakan, pasokan vaksin Covid-19 tiba dalam jumlah cukup banyak di Tanah Air pada bulan Mei ini dan Juni mendatang. Oleh karena itu, pemerintah akan kembali mengakselerasi pelaksanaan vaksinasi kepada masyarakat.

Hal tersebut disampaikan BGS dalam keterangan pers usai mengikuti Rapat Terbatas yang dipimpin oleh Presiden Jokowi, mengenai Penanganan Pandemi Covid-19 di Jakarta, Senin (17/5). 

Baca juga : Vaksinasi AstraZeneca Tetap Jalan, Yang Distop Sementara Hanya Batch CTMAV547

“Sesudah kita agak mengurangi laju vaksinasi karena kurangnya jumlah vaksin di akhir April dan juga masuk bulan Ramadan dan Lebaran, ini saatnya kita menggenjot kembali vaksinasi,” ujarnya.

Menkes meminta agar cakupan vaksinasi bagi kelompok lansia juga terus ditingkatkan, karena kelompok ini memiliki tingkat kerentanan yang tinggi jika terpapar Covid-19.

Baca juga : Wajib Diketahui, 7 Aturan Lockdown Parsial Di Singapura

“Tolong pastikan vaksinasinya ditingkatkan lagi, diperbanyak lagi terutama untuk para lansia karena merekalah yang paling rentan, kemungkinan masuk rumah sakitnya tinggi, dan wafatnya tinggi,” ujarnya.

Diungkapkan Budi, daerah seperti DI Yogyakarta mengalami kenaikan fatality rate karena masih banyak lansia yang belum divaksinasi.

Baca juga : Mulai Juni, Vaksinasi Digenjot Sejuta Per Hari

“Lansia yang paling banyak divaksin adalah DKI Jakarta dan Bali. Mudah-mudahan, itu bisa mengurangi jumlah orang yang masuk rumah sakit dan wafat,” pungkasnya. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.