Dark/Light Mode

Moeldoko: Konflik Palestina-Israel Jangan Bikin Bangsa Terpecah

Kamis, 20 Mei 2021 19:02 WIB
KSP Moeldoko dalam konferensi pers virtual soal Konflik Palestina-Israel, Kamis (20/5). (Foto: YouTube)
KSP Moeldoko dalam konferensi pers virtual soal Konflik Palestina-Israel, Kamis (20/5). (Foto: YouTube)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko menegaskan, sejak dulu, sikap Indonesia terhadap Palestina tidak pernah berubah.

"Pada dasarnya, sikap Indonesia terhadap Palestina tidak pernah berubah," ujar Moeldoko dalam tayangan video yang disaksikan di Jakarta, Kamis (20/5).

Dalam konteks situasi yang baru saja berkembang, Indonesia telah mengecam tindakan kekerasan, yaitu serangan secara eskalasi yang dilakukan Israel, yang menewaskan banyak korban. Termasuk, anak-anak dan perempuan di Palestina.

Baca juga : Gus Jazil: Saatnya Jokowi Undang Presiden Palestina-PM Israel Duduk Bersama

"Kerusakan parah kantor berita Associated Press dan Al Jazeera,  merupakan pelanggaran terhadap prinsip jurnalistik internasional. Selain itu, Indonesia juga sangat prihatin atas munculnya situasi di mana krisis kemanusiaan terjadi di sana," papar Moeldoko.

"Untuk itu, sekali lagi, sikap Indonesia adalah mengecam dengan keras," tandasnya.

Moeldoko menegaskan, Presiden Jokowi dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi sejauh ini telah berkomunikasi dengan pemimpin berbagai negara. Agar dapat membantu penyelesaian konflik di Palestina.

Baca juga : Koalisi & Oposisi Kompak Dukung Sikap Pemerintah

Untuk bisa mengakhiri tindak kekerasan, sehingga korban jiwa tidak semakin bertambah. Serta menghadirkan keadilan bagi masyarakat Palestina.

Dalam kesempatan tersebut, mantan Panglima TNI itu mengingatkan masyarakat Indonesia, agar memahami bahwa ada persoalan-persoalan domestik yang terjadi di wilayah tersebut.

Sehingga, menurutnya, akan sangat aneh bila kita kehabisan energi seperti saat ini. Melakukan perdebatan tidak produktif, yang sesungguhnya tidak dipahami dengan baik apa yang terjadi di sana.

Baca juga : Desak Stop Konflik Palestina, ICMI: Ini Bukan Perang Soal Agama

Untuk itu, Moeldoko mengimbau kepada semua pihak, untuk menghentikan perdebatan. Jangan sampai, situasi yang terjadi antara Palestina dengan Israel, justru menimbulkan perpecahan di antara bangsa kita sendiri.

"Bukan kita tidak peduli. Kita semua memiliki sikap yang sama, yakni sikap empati atas apa yang terjadi di Palestina. Kita jangan ikut terseret dalam situasi tersebut, yang pada akhirnya justru menimbulkan perpecahan," pungkas Moeldoko. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.