Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pantau Musdes, Mendes Kunjungi Candi Rimbi Di Jombang

Minggu, 23 Mei 2021 21:49 WIB
Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar mengunjungi Candi Rimbi di Desa Pulosari, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, pada Sabtu (22/5)
Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar mengunjungi Candi Rimbi di Desa Pulosari, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, pada Sabtu (22/5)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengunjungi Candi Rimbi di Desa Pulosari, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, pada Sabtu (22/5). 

Abdul Halim, yang akrab disapa Gus Menteri ini mengunjungi Candi itu setelah melakukan peninjauan pelaksanaan Musyawarah Desa (Musdes) penetapan pemutakhiran data berbasis SDGs Desa di Desa Pulosari dan Desa Pakel, Jombang. 

Baca juga : Makanya Pake Masker, Lindungi Diri Dari Droplet

"Saya saat ini berada di Candi Rimbi, sebuah tempat wisata budaya dan sejarah yang berada di Desa Pulosari, Jombang," kata Abdul Halim, yang akrab disapa Gus Menteri ini.

Mendes bersama rombongan juga mengunjungi Candi Rimbi di Desa Pulosari, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. 

Baca juga : Prabowo Minta Mafia Alutsista Diungkap, Connie Rahakundini Siap Blak-blakan

Candi Rimbi merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Majapahit yang terletak di Desa Pulosari, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. 

Candi ini terdapat peninggalan berupa Arca yaitu Arca Parwati yang diyakini merupakan perwujudan Tribhuwana Wijayo Tungga Dewi yang merupakan Ratu Majapahit yang berkuasa pada 1328-1350.  "Candi ini adalah warisan budaya nusantara yang harus terus kita jaga dan lestarikan," kata Gus Menteri.

Baca juga : Larangan Mudik Lebaran, Pelni Alihfungsikan Kapal Penumpang

Candi Rimbi memiliki keunikan yang menarik, yaitu relief Candi Rimbi yang semua berjumlah 51 panil. Ada dua macam bingkai panil yang dipahat berselingan, yaitu bingkai yang menonjol dan yang rata dengan permukaan dinding candi. Hiasan bunga padma, berbagai ragam geometris, dan ragam hias simbar diberikan pada perbingkaian candi. [DIR]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.