Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

RI Perkuat Hubungan Bilateral Dengan Afrika

Rabu, 26 Mei 2021 18:59 WIB
Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono menghadiri Africa Day 2021 sebagai Tamu Kehormatan di Jakarta, Selasa (25/5).
Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono menghadiri Africa Day 2021 sebagai Tamu Kehormatan di Jakarta, Selasa (25/5).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Indonesia terus memperkuat kerja sama internasional, khususnya dengan negara-negara di Benua Afrika. 

Berkaitan hal tersebut, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menyampaikan, pentingnya hubungan antar negara-negara Afrika dan Indonesia.  

"Afrika adalah prioritas kami dalam kebijakan luar negerinya. Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan hubungan dengan berbagai upaya seperti bantuan pembangunan serta kolaboratif upaya dalam menjaga perdamaian dan stabilitas di Afrika," katai Basuki dalam sambutannya di acara Africa Day 2021 sebagai Tamu Kehormatan di Jakarta, Selasa (25/5).

Baca juga : SEAQIL Dorong Peningkatkan Literasi Dengan Pendekatan Kerja Sama

Basuki menjelaskan, bahwa hubungan dan persaudaraan Indonesia dengan negara-negara Afrika dimulai pada Konferensi Asia-Afrika yang diadakan pada 1955 sebagai tonggak persatuan negara-negara Asia dan Afrika dalam melawan kolonialisme dan neo-kolonialisme, sekaligus membuka pintu kerja sama dalam bidang ekonomi dan budaya diantara negara-negara Asia dan Afrika.

Dalam forum tersebut,  Basuki menyampaikan selamat atas terselenggaranya African Day 2021. 

"Saya mewakili rakyat dan Pemerintah Indonesia mengucapkan selamat atas terselenggaranya Africa Day 2021 yang merupakan hari berdirinya Organization of Africa Unity (OAU), pada tahun 1962 dengan tujuan untuk bekerjasama demi masa depan yang lebih baik untuk seluruh Afrika," ujar Basuki.

Baca juga : Ada Apa Dengan Terawan

Sementara Duta Besar Aljazair untuk Indonesia dan Ketua Korps Diplomatik Negara-negara Afrika, Aziria Abdelkader menyampaikan, bahwa Africa Day 2021 bertujuan untuk merekatkan komunitas Afrika di Indonesia. 

Selain itu, ia juga menyampaikan ketertarikan negara-negara Afrika dalam memperkuat hubungan diplomatik serta pengetahuan dalam bidang konstruksi. 

"Melalui Africa Day 2021, kami menyampaikan ketertarikan dan kesiapan negara-negara Afrika untuk bekerjasama dengan lebih baik lagi antara negara-negara Afrika dan Indonesia,” ungkapnya.

Baca juga : Pembiayaan Di Bank Syariah Mampu Bersaing Dengan Konvensional

Turut hadir  Ketua BIN Budi Gunawan, Perwakilan Kementerian Luar Negeri Bagus IK, Deputi Gubernur DKI Jakarta Dadang Solihin, Divisi Keamanan Luar Negeri POLRI Johan Asadoma, dan Perwakilan negara-negara Benua Afrika. [MFA]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.