Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menag Ingin Borobudur Jadi Destinasi Umat Budha Seluruh Dunia

Kamis, 27 Mei 2021 22:03 WIB
Menag Yaqut Cholil Qoumas saat memberikan sambutan pada Dharmasanti Tri Suci Waisak 2565 Tahun Buddhis di Auditorium HM Rasjidi, Kementerian Agama, Jakarta, Kamis (27/5/2021).
Menag Yaqut Cholil Qoumas saat memberikan sambutan pada Dharmasanti Tri Suci Waisak 2565 Tahun Buddhis di Auditorium HM Rasjidi, Kementerian Agama, Jakarta, Kamis (27/5/2021).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas optimistis Candi Borobudur, Magelang Jawa Tengah, dapat menjadi pusat tempat ibadah umat Buddha dunia.

Hal ini disampaikan Menag saat memberikan sambutan pada Dharmasanti Tri Suci Waisak 2565 Tahun Buddhis di Auditorium HM Rasjidi, Kementerian Agama, Jakarta.

Hadir, pimpinan Majelis Keagamaan Buddha dan para pejabat negara. Umat Buddha mengikuti agenda ini secara daring melalui aplikasi zoom meeting.

Sementara Presiden Joko Widodo memberikan sambutan secara virtual.

Baca juga : Menpora Pede Izin Kompetisi Liga 1 Bakal Terbit

Dharmasanti Tri Suci Waisak 2565 Tahun Buddhis mengangkat tema 'Bangkit Bersatu untuk Indonesia Maju'. Acara ini disiarkan secara langsung TVRI dan kanal Youtube Kemenag RI.

"Keinginan dan cita-cita kita bersama menjadikan Borobudur sebagai pusat tempat agama Buddha Dunia," kata Menag, Kamis (27/5/2021).

"Saya optimis ini bisa dilakukan dengan kebersamaan dan bersatunya seluruh umat Buddha terutama yang ada di Indonesia," imbuhnya.

Menurut Menag, jumlah umat Buddha di ASEAN saat ini lebih dari 40 persen.

Baca juga : Menaker Ida Fauziyah: Borobudur Jadi Percontohan BLK Sektor Pariwisata

“Menjadikan Borobudur sebagai pusat tempat ibadah umat Buddha dunia menjadi harapan yang sangat mungkin untuk diwujudkan,” tegasnya.

Melalui momentum Dharmasanti Hari Raya Waisak,  Gus Yaqut berharap umat Buddha Indonesia terus berkomitmen untuk menjaga keseimbangan yang paripurna, saling mendengar, saling melatih kemampuan mengelola dan mengatasi perbedaan yang ada.

Kesadaran akan esensi Dharma ajaran Buddha harus menjadi sumber kekuatan untuk membangun kebersamaan. Sebab, dharma ajaran Buddha hadir untuk kebahagiaan semua makhluk.

Menurutnya, Dharma hadir untuk menciptakan kehidupan keagamaan yang rukun, harmonis, damai, dan seimbang.

Baca juga : Gibran Ingin Sulap Solo Jadi Destinasi Wisata Kebugaran

Lebih jauh dikatakan, kebenaran Dharma itu merupakan keyakinan yang fundamental, yang harus dipraktikkan dengan penuh cinta kasih dan kasih sayang kepada semua makhluk.

"Karena itu, tidaklah berlebihan manakala hari ini, Umat Buddha Indonesia meneguhkan diri untuk mempraktekan kehidupan beragama yang moderat," kata Menag. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.