Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menpora Pede Izin Kompetisi Liga 1 Bakal Terbit

Rabu, 26 Mei 2021 06:01 WIB
Menpora Zainudin Amali usai Rakor terkait penyelenggaraan Liga 1 dan Liga 2 dengan Polri, Satgas Covid dan PSSI. (Foto : Istimewa)
Menpora Zainudin Amali usai Rakor terkait penyelenggaraan Liga 1 dan Liga 2 dengan Polri, Satgas Covid dan PSSI. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali optimis izin penyelenggaraan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 akan terbit. Itu setelah pihaknya rapat koordinasi dengan Polri, Satgas Covid dan PSSI.

“Kita rapat koordinasi tentang izin penyelenggaraan kompetisi liga 1 dan liga 2. Optimis ya (izin bisa dikeluarkan). Kita mau supaya penyelenggaraan kompetisi bisa berjalan dengan sesuai aturan,” kata Menpora Amali dalam keterangan persnya di Media Centre Kemenpora, Jakarta, Selasa (25/5).

Menpora Amali mengatakan pelaksanaan persiapan kompetisi berbeda dengan turnamen pramusim Piala Menpora 2021. Sehingga, penyelenggaraan dan penerapan protokol kesehatannya harus dibahas secara detail.

Baca juga : KSP Moeldoko Minta Pemda Bentuk Komisi Perlindungan Anak Daerah

“Kompetisi ini durasinya tentu berbeda dengan turnamen Piala Menpora, itu berlangsung sekitar sebulan. Nah, kalau ini (kompetisi) mungkin lewat tahun (hingga 2022),” kata Menpora Amali.

Sementara itu, Asops Kapolri Irjen Imam Sugianto menerangkan, izin kompetisi sepak bola nasional saat ini tengah dalam proses setelah pihak PT Liga Indonesia Baru mengajukan permohonan penyelenggaraan.

Disebutkan Imam, surat izin liga 1 musim 2021/2022 berpeluang akan dikeluarkan pada Kamis (27/5) mendatang. “Semoga tanggal 27 surat izin penyelenggaraan keramaian dalam rangka kompetisi liga 1 dan liga 2 sudah bisa dikeluarkan. Ini masih dilengkapi persyaratan rekomendasi dari yang akan ketempatan penyelenggaraan,” ujar Imam.

Baca juga : Bahas Izin Kompetisi, Menpora Tegaskan Kesehatan Masyarakat Tetap Jadi Prioritas

Melihat dari pengalaman turnamen pramusim Piala Menpora 2021, jenderal bintang dua itu memandang pengamanan berjalan dengan sukses. Hal tersebut menjadi acuan bagi pihak kepolisian untuk penyelenggaraan liga 1 dan liga 2 dengan peningkatan kapasitas.

“Karena mengingat penyelenggaraan yang cukup lama mungkin sampai Maret tahun depan. Semoga ini bisa sukses,” jelasnya.

Lebih lanjut, Imam juga meminta kepada suporter untuk tidak mengulangi kejadian ketika Persija Jakarta menjadi juara Piala Menpora. Saat itu, oknum suporter berkumpul dan melanggar protokol kesehatan setelah turnamen pramusim usai.

Baca juga : Sukses Piala Menpora Bakal Jadi Modal Terbit Izin Kompetisi Liga 1

“Terpenting kejadian The Jakmania terkait menangnya Persija saat itu mohon tidak terulang lagi. Perkembangan kasus yang ditangani Polda Metro Jaya, kita tidak ingin terjadi lagi. Sudah ada yang ditetapkan tersangka dan sedang dalam proses sidik,” terangnya.

“Mohon ini jadi pembelajaran berharga sehingga penyelenggaraan liga 1 dan liga 2 tidak dikotori dengan hal tersebut. Mari kita sukseskan liga 1 dan liga 2 dan mudah-mudahan bisa kelola dengan baik,” pungkas Imam. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.