Dark/Light Mode

Dilantik Jokowi Jadi Dewas KPK, Indriyanto Banjir Dukungan

Rabu, 28 April 2021 16:38 WIB
Anggota Dewas KPK Indriyanto Seno Adji. (Foto: ist)
Anggota Dewas KPK Indriyanto Seno Adji. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi resmi melantik Indriyanto Seno Adji sebagai anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Indriyanto menggantikan Artidjo Alkostar yang meninggal dunia 28 Februari 2021 lalu.

Pelantikan Indriyanto dilakukan di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (28/4). Pelantikannya berbarengan dengan pelantikan Menteri Investasi Bahlil Lahadilia, Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan-Riset Dan Teknologi Nadiem Makarim, dan Kepala Badan Riset Dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko.

Baca juga : Hari Ini, Jokowi Lantik 4 Pejabat Baru, Ada Bahlil Ada Indriyanto Seno Adjie

Pelantikan diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Presiden Nomor 73/P/2021 tentang pengangkatan anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi Pengganti Antar Waktu Sisa Masa Jabatan 2019-2023. Setelah itu, dilakukan pengambilan sumpah jabatan.

Pelantikan ini seperti pulang kampung buat Indriyanto. Pasalnya, lembaga antirasuah bukan tempat baru bagi guru besar dari Universitas Krisnadwipayana ini. Indriyanto sempat menjadi Pelaksana Tugas (Plt) pimpinan KPK bersama dengan Taufiequrachman Ruki dan Johan Budi pada Februari 2015.

Baca juga : Kunjungi TMII, Moeldoko: Bisa Jadi Tempat Kumpul Inovator Muda

Saat itu, mereka menggantikan pimpinan KPK Abraham Samad dan Bambang Widjojanto yang diberhentikan sementara karena statusnya sebagai tersangka, serta Busyro Muqoddas yang habis masa kerja.

Indriyanto merupakan putra dari mantan Ketua Mahkamah Agung (MA) periode 1974-1982 Oemar Seno Adji. Ia tercatat menjadi Guru Besar di Pusdiklat Kejaksaan Agung RI dan Dosen di Magister Hukum Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

Baca juga : Diresmikan Jokowi Besok, Menhub Cek Gedung Terminal Bandara Kuabang

Ketua Dewas KPK, Tumpak Hatorangan Panggabean menyambut baik penunjukan Indriyanto. "Ya sangat bagus, saya sangat setuju sekali. Beliau juga punya pengalaman di KPK selaku Plt Pimpinan," kata Tumpak.

Sementara, Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron mengatakan, Indriyanto cocok menggantikan Artidjo sebagai anggota Dewas KPK. Apalagi, dia berpengalaman di KPK. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.